oleh

Sabang Sasaran Peredaran Narkoba Tertinggi di Aceh

-HUKOM-186 views

Sabang (ADC) Polisi Resort (Polres) Sabang Kamis, 30 Mei 2019, bertempat di Makopolres setempat, menggelar konferensi pers dalam rangka mengekspos hasil kerja Satuan Narkoba awal tahun 2019, dengan sejumlah pelaku beserta barang buktinya.

Dalam siaran pers Kapolres Sabang diwakili Wakapolres Kompol Muhammad Wali mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan, untuk memberantas apapu jenis narkotika di Sabang.

Bahkan tambah Muhammad Wali, tim pencegahan dari Polres Sabang sejak beberapa yahun terakahir, juga telah melakukan sosialosasi tentang betapa bahanya bagi yang berdekatan dengan narkoba.

“Kami dari kepolisian polres sabang, telah melakukan berbagai upaya-upaya pencegahan mulai dari anak-anak sekolah hingga keseluruh pelosok pendesaan, guna menhsosialisasikan teehadap bahayanya narkorika,” kata Kompol Muhammad Wali.

Lebih lanjut ditambahkan, Satnarkoba Polres Sabang harus bekerja keras untuk memberantaskan narkoba di Sabang. Oleh karenanya, diharapkan kepada masyarakat laus agar, mengajauhi diri apapun jenis narkotika terlebih dahulu bagi anak-anak.

“Bangsa indonesia hancur bukan karena tragedi ekonomi tetapi tragedi maha dahsyat yaitu terjerumusnya bangsa ini dalam lingkup narkoba. Kalau dulu, para orang tua cepek menjaga anak gadisnya tetapi sekarang ini orang tua capek menjaga anak laki-lakinya dari pengaruh narkoba” terangnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Sabang Iptu Sunardi,SH menjelaskan, berdasarkan indormasi dari masyarakat pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2019, anggota Satnarkoba Polres Sabang sekitar pukul 01.00 wib dini hari yelah melakukan pengeledahan di salah satu rumah masyarakat.

Rumah tersebut merupakan milik Bay yang terletak di Jurong M Nir Hasan Gampong Kuta Ateuh, dalam pengeledahan itu petugas menemukan barang bukti (BB) 1 kaca poling berisi sisa narkotika jenis sabu-sabu, sendok dari pipet plastik, bong yang terbuat dari botol air meniral dan kitek api merek Tokai.

Selain saudara Bay pengguna lainnya adalah Yud, Toj dan M. ILH dari pemeriksaan petugas mereka mengakui bahwa narkoba yang digunakan itu milik mereka bersama. Pada pengeledahan ikut disaksikan, selajutnya ke-empat pengguna digiring ke Mapolres Sabang guna diproses lebih lanjut.

Dari hasil pengembangan narkoba yang mereka konsumsi diperoleh dari saudara Hend, yang juga warga Gampong Kuta Ateuh Kecamatan Sukakarya Kota Sabang, Hend sendiri mengaku sabu-sabu tersebut diperoleh dari T Rus, warga Gampong Paya Seunara Kecamatan Sukakarya.

Petugas pun langsung menangkap T Rus, yang ketika itu yang bersangkutan sedang berada di salah satu warung saat dilakukan penangkapan T Rus sempat melakukan perlawanan terhadap petugas dan mencoba melarikan diri namun, atas kesigapan anggota pelaku berhasil membekuk sekaligus menemukan sejumlah bb jenis sabu dari dompetnya yang dibuang ke parit jalan.

Untuk mempertanggung jawaban mereka selaku pengguna dikenakan pasal 112 ayat (1) yo pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang RI No.35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun penjara dan pidana denda paling sedikit Rp 800 juta paling besar Rp 8 miliyar.

Kemudian pasal lainnya yang dikenakan adalah pasal 114 ayat (1) yo pasal 112 ayat (1) yo pasal 127 ayat (1) bagi yang melakukan transaksi jual beli narkotika golongan 1 maka diancam dengan hukaman seumur hidup atau paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun penjara dan pidana denda paling sedikit Rp1 miliyar paling banyak Rp10 miliyar.

Sunardi mengaku bahwa pengguna narkoba di Sabang tergolong sangat tinggi dimana pada tahun 2018 terjadi 17 kasus yang ter-P 21 sedangkan pada 2019 baru masuk buman 5 sudah 13 kasus yang telah P-21. Pun begitu pihaknya tidak akan terus mengejar sampai ke akar-akarnya dan tidak perduli terutama anggota kepolisian itu sendiri. Untuk itu, dimohon kepada masyarakat TNI/Polri jauhilah dari narkoba karena benda tersebut akan merusak dan membunuh diri sendiri serta keluarganya., jelas Sunardi yang juga didampingi Kabid Humas Ipda Dahlan.(Jalal).

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..