oleh

Kebakaran Pekarangan Rumput Kering Nyaris Merembet ke SMKN 1 Lhoknga

Laporan | Darwin

Aceh Besar (MA) – Kebakaran pekarangan rumput kering membuat panik warga Gampong Moen Ikeun yang melihat asap api di lintas jalan Lampuuk Lhoknga, Sabtu, 20 Februari 2021. Kebakaran tersebut nyaris merembet ke halaman SMKN 1 Lhoknga.

Maulizar salah satu warga Moen Ikeun saat melintas jalan depan SMKN 1 Lhoknga pada jam 11: 00 WIB, kaget begitu melihat api dan asap yang muncul dari perkarangan rumput kering dibelakang SMKN 1 Lhoknga.

Kemudian warga menghubungi Kapolsek Lhoknga Ipda Fauzi Atmaja,SH lewat via telepon dan selanjutnya menghubungi juga pemadam kebakaran Aceh Besar karena api sudah nyaris merembet ke rumah sekolah SMKN 1 Lhoknga.

Ipda Fauzi Atmaja,SH mengatakan lahan yang terbakar tersebut diduga akibat pembaran sampah plastik yang berada di pekarangan SMKN 1 Lhoknga lintas jalan Lampuuk. Kondisinya terlihat rumput sudah mengering akibat musim kemarau.

“Warga pun belum mengetahui pemicu awal  kebakaran,”ujarnya Kapolsek.

Dia mengatakan kebakaran dapat segera ditangani oleh tim pemadam kebakaran Aceh Besar bersama tim Polsek Lhoknga. Mereka menyemprotkan air pada lokasi yang terbakar.

Sebanyak satu mobil pemadam kebakaran bergerak ke lokasi untuk memadamkan kobaran api di lahan tersebut.

“Untung kami bergerak cepat. Kalau tidak, rumah sekolah SMKN 1 Lhoknga di sekitar (lahan) bisa terbakar dan dapat dipadamkan jam 12 : 00 WIB,” kata Kapolsek.

Ia mengharapkan agar warga di musim kemarau ini berhati-hati dan waspada terhadap ancaman kebakaran lahan.

“Kami mengimbau warga agar tidak membakar lahan di kebun atau sampah termasuk membuang puntung api rokok sembarang, mengingat musim kemarau saat ini rawan terjadi kebakaran,” pungkasnya Kapolsek Lhoknga.(*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..