oleh

GEPRINDO : Pemerintah Kurang Sigap Atasi Virus Corona

JAKARTA (MA)-Presiden Gerakan Pribumi Indonesia (GEPRINDO,  Bastian P. Simanjuntak menilai Pemerintahan Jokowi-Makruf tak serius menanggapi maraknya penyebaran virus corona asal Cina yang kini mulai menyebar ke sejumlah negara. Penilaian itu disampaikan melalui rilis pers yang diterima redaksi mediaaceh.co.id, Sabtu, 24 Januari 2020.

“Kami menganggap pemerintah dalam hal ini kementrian kesehatan kurang sigap dalam mencegah merebaknya virus corona di Indonesia. Bagaimana penanganan WN China di daerah-daerah? Apakah ada pemeriksaan khusus terhadap mereka?” ujarnya.

Penilaian tersebut bukan tanpa alasan, GEPRINDO memantau dan menilai bahwa langkah pemerintah seperti menganggap sepele hal ini.

“Berdasarkan pengamatan kami pemerintah hanya menghimbau dan meningkatkan kewaspadaan di airport2 yang ada rute penerbangan langsung dari China dan menurut kami itu sudah terlambat, karena kembungkinan besar pengidap virus corona sudah terlanjur berada di Indonesia sebelum pemeritah Indonesia meningkatkan kewaspadaan di dalam Negeri.” sebuntya.

Untuk itu, dia mendesak Pemerintah RI yang dikendalikan oleh Presiden Joko Widodo supaya menempuh langkah serius untuk mencegah jangan sampai virus itu masuk ke Indonesia.

“Harus ada langkah kongkrit, jemput bola, jangan hanya waspada. Kementrian harus memerintahkan dinas2 kesehatan di seluruh pelosok Indonesia bekerja dengan imigrasi, untuk melakukan pengecekan terhadap WN China yang tinggal di Indonesia semenjak virus ini merebak di Wuhan.” sarannya.

Hasil pantauan GEPRINDO, virus corona termasuk virus yang sangat berbahaya dan jangan sampai pencegahannya terlambat.

“Terus terang kami gelisah, kementerian kesehatan harus serius dan bekerja cepat karena virus corona sangat berbahaya bagi masyarakat kita jika penanganannya terlambat.” tegas Bastian.

Seperti diketahui, vrus baru yang disebut corona virus telah membuat geger warga dunia. Sebab, selain dapat menyebar dengan sangat cepat, virus itu juga telah menyebabkan kematian pada banyak orang di beberapa negara dunia, utamanya di China.

Pada Kamis (24/1/2020), pemerintah China mengatakan, virus yang pertama kali muncul dari daerah Wuhan ini telah memakan korban jiwa sebanyak 25 orang dan menjangkiti lebih dari 830 orang sejak pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Lalu, apa sebenarnya corona virus dan dari manakah sumbernya?

Laporan pemerintah China menyatakan, virus corona mulai mewabah di Wuhan, China, pada Desember lalu. Para pejabat negara mengatakan virus corona mungkin berasal dari hewan liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan. (r/MU)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..