Menunai Ibadah Haji, ASN Pemkab Aceh Utara di Peusijuk

. H. Abdul Manan (Abu Manan Blang Jruen) sedang peusijuk calhaj ASN Pemkab Aceh Utara.

LHOKSUKON (MA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara melakukan peusijuek (tepung tawar) untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan menunaikan ibadah haji tahun1444 H/2023 M. ASN ini berasal dari berbagai instansi dalam jajaran Pemkab Aceh Utara, termasuk kalangan guru dan tenaga kesehatan.

Prosesi peusijuek berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe, Senin sore, 22 Mei 2022. Peusijuek dilakukan oleh Tgk. H. Abdul Manan (Abu Manan Blang Jruen) untuk Calhaj laki-laki dan Hj Ummi Warnidah untuk Calhaj perempuan.

Kegiatan itu turut dihadiri oleh Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, dan istrinya Nurmaziah, SE.Ak, M.Si, sejumlah Kepala SKPK, para Camat, Kabag Setdakab dan pejabat terkait lainnya.

Kepala Bagian Kesra dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Utara M Dahlan, SE, mengatakan jumlah ASN Aceh Utara yang akan berangkat menunaikan ibadah rukun Islam kelima pada tahun ini mencapai 59 orang. Mereka berasal dari berbagai pangkat/golongan dalam jabatan fungsional dan struktural ASN. Di antaranya adalah Asisten III Setdakab Aceh Utara Drs. Adamy, M.Pd.

BACA JUGA...  Muhammad Taufik Resmi Jabat Sebagai Keuchik Teunom Pulau Aceh

“Peusijuek atau tepung tawar untuk para ASN yang berangkat haji merupakan tradisi yang selalu rutin kita lakukan. Hal ini bermaksud untuk memuliakan tamu Allah SWT, khususnya kalangan ASN kita, yang akan berangkat ke Tanah Suci,” kata Dahlan.

Mewakili pada Calhaj yang di peusijuek, masing-masing Drs. Adamy, M.Pd (Asisten III Setdakab Aceh Utara), T. Zulfikar, SKH (Inspektorat Aceh Utara, Drs. Jufri, M.Pd (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Mahdi M. Amin, S.Sos (Kantor Camat Lhoksukon), Dra. Hayati, M.Pd (SMAN 1 Syamtalira Bayu), Zuraida, S.Sos (Sekretariat DPRK Aceh Utara), Lindawati, AMK (RSU Cut Meutia), dan Kemalahayati, ST, MT (Dinas LHK).

Asisten III Setdakab Aceh Utara Drs. Adamy, M.Pd, pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Pj Bupati dan semua pihak yang telah melakukan upacara peusijuek atau tepung tawar kepada para ASN Aceh Utara yang akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Adamy meminta kepada hadirin untuk didoakan agar semua ASN ini mendapatkan haji yang berkah dan mabrur, yang diridhai oleh Allah SWT.

BACA JUGA...  Rafly Kande Minta Direksi BSI Dicopot dan Reformasi Perbankan di Aceh

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, M.Si, dalam arahannya antara lain menyampaikan selamat kepada seluruh PNS/ASN jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini. “Mudah-mudahan perjalanan ibadah Bapak–Ibu sekalian mendapat keridhaan dan keberkahan dari Allah SWT, mulai dari berangkat, prosesi pelaksanaan ibadah, hingga nantinya kembali ke Tanah Air, mudah-mudahan selalu dalam kondisi sehat wal afiat,” ungkapnya.

Ibadah haji ini, kata Azwardi, semata-mata untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT, bukan untuk ajang prestis atau sekedar mendapat gelar Haji atau Hajjah. Untuk itu tetaplah menjaga kesehatan, fokus dalam ibadah, serta jaga sopan santun, tutur kata, tunjukkan bahwa Bapak – Ibu adalah jamaah haji yang baik dan hebat.

BACA JUGA...  BPJamsostek Jalin Kerjasama PLKK dengan Klinik Kodim 0111 Bireun

Sepulang dari ibadah haji tidak hanya membawa “oleh-oleh” berupa kurma, sarung, sajadah atau barang, namun juga oleh-oleh berupa semangat baru untuk menjadi PNS yang lebih baik dan lebih hebat dalam melayani masyarakat.

Kegiatan peusijuek itu juga turut diisi dengan tausiyah singkat yang disampaikan oleh Ketua MPU Kabupaten Aceh Utara Tgk. H. Abdul Manan yang akrab disapa sebagai Abu Manan Blang Jruen.(Sayed Panton).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *