Karena Keluhan Pasien, Komisi III DPRK ‘Sambangi’ RSUD Aceh Tamiang

Ketua Komisi III DRPK Aceh Tamiang, Irwan Effendi

Karena Keluhan Pasien, Komisi III DPRK ‘Sambangi’ RSUD Aceh Tamiang

KUALASIMPANG (MA) – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang. Irwan Effendi bersama anggota, sambangi manjemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kampung Kesehatan. Rabu, 10 Agustus 2022 di Karang Baru.

Kedatangan ketua Komisi III, DPRK Aceh Tamiang ke RSUD untuk melakukan klarifikasi menyangkut pelayanan RSUD yang dikeluhkan oleh pasien dan keluarga pasien, dinilai bobrok.

Komisi III DPRK Aceh Tamiang mendesak manajemen RSUD untuk menindaklanjuti laporan pasien dan keluarga pasien, atas pelayanan medis dokter spesialis kepada pasien yang dinilai masih belum signifikan.

Termasuk masalah pemakaian ambulance untuk pasien rujukan ke Rumah Sakit Umum (RSU) lain, diluar wilayah Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kita minta kepada pak Direktur untuk membenahi serta mengklarifikasi laporan pasien dan keluarga pasien tersebut. Saya yakin dr. Andika Putra, mampu mengatasi lapiran dan kejadian tersebut,” jelas Irwan.

BACA JUGA...  Kata Bang Zek Dengan Para Jurnalis, 30 Persen Tulisan Media Pengaruhi Pemenangan Caleg

Irwan sangat mengapresiasi, atas respon cepat yang diberikan kepada manajemen RSUD Aceh Tamiang, untuk membenahi segala kekurangan dalam memberikan pelayanan, agar kedepan menjadi lebih baik lagi.

Sebab pelayanan RSUD Aceh Tamiang menyangkut hajat hidup orang banyak. “Jangan bedakan pelayanannya, antara pasien umum dan BPJS. Mereka bekerja [dokter spesialis] kan dibayar mahal untuk melayani pasien,” tegasnya.

Semua kegiatan di RSUD Aceh Tamiang, masing-masing tupoksi sudah ada pos anggarannya. “Kita tetap berkomitmen untuk terus mengawasi RSUD Aceh Tamiang, sesuai tupoksi kami sebagai fungsi pengawasan,” pungkas Irwan.

Merespon

Direktur RSUD Aceh Tamiang, dr. Andika Putra, SpPD. Merespon dan segera menindaklanjuti atas keluhan pasien dan keluarga pasien terkait pelayanan manajemen RSUD.

BACA JUGA...  Teuku Indra: Reza Fahlevi Harapan Masyarakat untuk Membangun Sabang
Direktur RSUD Aceh Tamiang. dr. Andika Putra, SpPD

“Kita sangat merespon keluhan Pasien dan Keluarga Pasien, terhadap pelayanan yang kami berikan. Saya juga mohon maaf kepada masyarakat Aceh Tamiang atas kejadian ini. Insha Allah kedepan tidak akan terulang lagi,” tegas Andika.

Andika juga sangat mengapresiasi atas kedatangan rombongan Komisi III DPRK, yang dengan cepat merespon keluhan tersebut, apalagi Dewan merupakan perpanjangan tangan masyarakat.

“Saya akan mengambil langkah-langkah bijak untuk menyelesaikan permasalahan ini, sekali lagi; saya tindaklanjuti laporan ini,” Katanya.

Pun begitu, Andika sudah menyiapkan program sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien seperti e-rekam medis, e-resep, antrian online, dan beberapa program lainnya yang sedang digodok dan perlu kajian mendalam untuk dapat meningkatkan layanan kesehatan.

Dia mengakui kalau pelayanan yang diberikan oleh RSUD Aceh Tamiang belum maksimal, Andika berjanji berusaha memperbaiki dan menambal pelayanan yang tidak baik menjadi lebih baik lagi, dengan membuat regulasi-regulasi yang melindungi hak-hak pasien.

BACA JUGA...  Tekan Harga, Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Tanggap Inflasi Aceh

Tidak hanya itu, kata Andika. Kelengkapan peralatan medis juga secara bertahap akan ditingkatkan sesuai skala prioritas dan anggaran yang tersedia, untuk menjadi RSUD yang refresentatif.

Peningkatan kinerja para dokter, nakes, manajemen, dan seluruh pegawai menjadi prioritas utama, dengan protap kerja. “tentunya hal ini akan meningkatkan pelayanan di RSUD Aceh Tamiang,” katanya. [Syawaluddin].

 

Penulis: SyawaluddinEditor: Syawaluddin Ksp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...