Festival Etnik Serumpun Sabang 2019 Dihadiri Ribuan Penonton

  • Bagikan

 50 total views,  1 views today

Sabang (ADC)- Pembukaan Festival Budaya Etnik Serumpun 2019 yang berlangsung di dermaga CT-3 BPKS Sabang, Jum’at 30 Agustus 2019 malam, dihadiri ribuan penonton.

Gelar Budaya Etnik Serumpun 2019, diikuti seni budaya melayu dari provinsi Aceh dan Sabang selaku tuan rumah, Sumatera Utara, Padang Sumatera Barat, Riau dan provinsi Kalimantan Barat.

Pelaksanaan Festival Budaya Etnik Serumpun yang pertama kali ini, digelar di dermaga Container Terminal- 3 (CT-3) Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Gampong Kuta Timu Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Faisal, S.Sos, M.Ap kepada awak media mengatakan, Festival Budaya Etnik Serumpun yang pertama sekali dilaksanakan di Sabang, akan menjadi salah satu even budaya melayu nusantara dalam rangka memadukan dengan kegiatan pariwisata.

“Dengan kita mengangkat budaya etnik serumpun, maka sejarah ranah melayu dapat bangkit bersama pariwisata sebagai bahan untuk kita promosikan ke dunia luar, bahwa Indonesia mempunyai rumpun yang kuat dan bersatu dalam budaya,” kata Faisal.

Selain itu, Ia juga mengatakan, Festival ini sangat tertarik. Hal itu terbukti dengan sejumlah daerah dan bahkan beberapa negara tetangga ingin ikut serta. Kemudian, masyarakat Sabang sendiri juga senang dengan kegiatan tersebut, maka pada malam pembukaan ini ribuan masyarakat hadir dan tak bergerak menyaksikannya.

“Pariwisata adalah sebuah produk yang kita jual kepada dunia luar, maka dengan kita padukan dengan budaya yang ada, salah satunya budaya melayu serumpun yang merupakan sejarah bangsa sangat lah sesuai dengan karakter Aceh, Melayu Deli, Sumatera Barat, Riau dan Kalimantan Barat,” ungkap Faisal, didampingi Kabid Kebudayaan Ramlan Yahya, mengembangkan sejarah melayu serumpun.

Sementara itu, Walikota Kota Sabang dalam sambutan pembukaan festival yang diwakili Staf Ahli Pemerintah Kota Sabang bidang ekomomi Ir Sarbini menyampaikan, kami menghagai prakasa pelaksanaan Festival Budaya Etnik Serumpun 2019 yang digelar di Sabang.

“Pelaksanaan festival serumpun ini sebagai ajang silarurrahmi yang dapat memberi makna dalam mengembangkan seni budaya bangsa. Festival ini juga akan terjadi saling menukar budaya dan menampilkan adat budaya dan seni masing-masing daerah serumpun melayu nusantara,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, pada Festival Etnik Serumpun ini, juga sebagai perekat persaudaraan sesama melayu nusantara dari Aceh dengan serumpun melayu lainnya.

“Seni dan budaya harus terus dikembangkan, karena seni dan budaya bangsa kini kian terkikis masa akibat kemajuan jaman, maka perlu terus diangakat budaya leluhur daerah untuk menjunjung paradaban bangsa,” pungkas Walikota.

Usai pembukaan festival, masing-masing peserta saling menukar pelakat sebagai perekat tali silatirrahmi sesama melayu yang ada di nusantara. Selanjutnya, masing-masing daerah menampilkan budaya yang menunjukan budaya melayunya. (Jalal).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...