Bergelut dengan Lumpur, Serda Zainal Amri Tetap Semangat Dampingi Petani

Babinsa Serda Zainal Amri sedang bergelut membantu petani Kluet Timur Aceh Selatan, Jumat, (24/5).(poto/mediaaceh.co.id./istimewa).

TAPAKTUAN (MA) KINI, sebutan Babinsa tidak asing lagi bagi masyarakat. Sosok Babinsa  (Bintara pembina masyarakat) pun di desa sudah dikenal secara luas.

Babinsa, merupakan satuan komando terendah di jajaran komando TNI. Berperan untuk membina, mendampingi dan mengayomi masyarakat di tingkat desa.

Cakupan wilayah penugasan seorang Babinsa bisa hanya satu desa (gampong di Aceh-red) atau lebih dari satu desa.

Dalam usaha pendampingan seperti itulah,  Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan bertindak  sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dan demi mewujudkan ketahanan pangan dan swasembada pangan di tengah-tengah masyarakat termasuk petani.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 13/Kluet Timur Serda Zainal Amri.

BACA JUGA...  Kasdim 0103/Aceh Utara Pantau Vaksinasi di LP Kelas II B Lhoksukon

Jali ini, sosok Babinsa ini, mendampingi petani di wilayah desa binaannya pada saat mengolah lahan persawahan di Gampong Lawe Sawah, Kecamatan Kluet Timur, Jum’at (24/5).

“Sebagai seorang aparat komando kewilayahan, sudah merupakan tugas dan tanggungjawab memberi semangat kepada para petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan khususnya di wilayah kecamatan  kluet Timur,” kata Serda Zainal Amri.

Menurutnya,  kehadiran Babinsa harus menjadi motor penggerak bagi kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan pendampingan dalam menyiapkan dan memperkuat ketahanan pangan.

Dia pun terlihat,  bersama petugas penyuluh pertanian setempat dengan penuh semangat turun langsung ke sawah untuk mendampingi petani dalam mengolah lahan sawah.

BACA JUGA...  Lanal Sabang Peringati Hari Kesehatan TNI AL Tahun 2021

Meski harus bergelut dengan lumpur, namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi TNI-AD yang berdinas di Koramil 13/Kluet Timur itu demi terwujudnya dan suksesnya program ketahanan pangan serta tercapainya kesejahteraan masyarakat di desa binaannya.

“Semoga dengan pendampingan yang kami lakukan dalam momen kebersamaan ini dapat memberikan motivasi dan nilai positif bagi petani agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertanian,” kata Serda Zainal Amri.

Dia  menambahkan, dalam upaya khusus pendampingan pertanian, Babinsa selalu berkoordinasi dengan dinas terkait untuk bersama-sama turun mendampingi petani.

Menurutnya,  hal itu tidak hanya di saat mengolah lahan, namun sejak penyiapan lahan, penyemaian bibit padi, penanaman hingga masa panen tiba.

BACA JUGA...  Serka Iskandar Cek Harga Sembako dan Ingatkan Masyarakat Patuhi Protkes

Begitulah, seorang Babinsa bernama Serda Zainal Amri membaktikan dirinya di tengah-tengah masyarakat petani yang memang sangat membutuhkan pendampingan. Selamat Serda Zainal Amri.(Maslow Kluet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *