oleh

Aceh Besar  Target  Produksi  Padi  Musim Gadu  2020 Mencapai 33.000 Ton

Jantho (MA)-Bupati Aceh Besar,  Ir. H. Mawardi Ali menargetkan  pada musim gadu 2020  penanaman padi  pada areal tanam   mencapai  5.500 hektar yang  akan meningkatkan  stock  pangan untul wilayah Aceh Besar  .

“Dengan 5.500 hektar areal yang ditanam pada musim gadu 2020 , Insyallah 33.000 ton bisa dicapai , dengan asumsi  produksi perhektarnya  rata rata 6 ton,“ ungkap Ir. H. Mawardi Ali, Minggu 17 Mei 2020.

Sasaran produksi  gabah untuk wilayah Aceh Besar  pada musim gadu ini dikemukakan Ir. H. Mawardi Ali pada kegiatan Semai Benih atau sering disebut Peutroen Bijeh perdana musim gadu 2020 di Gampong  Seumeureung  Kecamatan Sukamakmur belum lama ini.

Semai benih yang dilakukan secara simbolis oleh Bupati Aceh Besar, Dandim 0101 /BS, Kadis Pertanian Aceh Besar, Ketua Komisi II DPRK dan pejabat lainnya dilakukan dengan sitem dapog .

5.500 areal sawah yang akan ditanami padi pada musim gadu tahun ini petani mendapatkan bantuan  bajak tanah dan bibit  gratis dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.  Untuk olah tanah, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengajak unsur TNI dalam hal ini Kodim 0101 /BS  dengan  fasilitas 90 traktor.

Bupati Aceh Besar berharap dengan bantuan olah tanah serta bibit padi gratis untuk petani  , pendapatan yang diterima masyarakat  di sektor agraris ini bisa meningkat . Dan ini menjadi  sosusi  terbaik  meningkatkan pendapatan bagi masyarakat pedesaan di tengah pendemi covid 19 .

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali juga menyerahkan bibit secara simbolis bagi para petani .

Kesiapan untuk memenuhi ketersediaan pangan mandiri  sangat beralasan dimana badan dunia seperti WHO juga mewanti wanti bahwa akan terjadi krisis pangan dunia kedepan .

Ir. H. Mawardi Ali  berucap syukur jika selama ini kawasan Aceh Besar acapkali  mengalami surplus padi setiap tahun tahunnya,  seperti di tahun 2019 surplus mencapai 160 ribu ton lebih. Ir. H. Mawardi Ali juga menambahkan bahwa produksi padi di Aceh Besar yang merupakan salah lumbung padi di Propinsi Aceh juga mencukupi kebutuhan pangan untuk kota Banda Aceh dan Kota Sabang .

Sementara Dandim 0101 /BS Kolonel Inf Hasandi Lubis mengatakan, sudah 3000 hektar lebih areal selesai dibajak dengan traktor. Janji dia, dalam tiga hari kedepan pihaknya mengusakan seluruh areal yang akan ditanami pada musim gadu ini sudah selesai ditraktor .

Acara semai benih perdana musim tanam gadu 2020 yang dilaksanakan di Kecamatan Sukamakmur Aceh Besar juga dihadiri Dandim 0101/BS , anggota DPRK Aceh Besar , Kadis Pertanian Aceh Besar dan para penyuluh disamping petani penerima bantuan bibit padi . (*)

Dandim 0101 /BS Kolonel Inf Hasandi Lubis sedang menyerahkan bibit gratis kepada perwakilan kelompok tani

Tanpa Irigasi Areal Sawah Bisa Produktif

Sistem pertanian moderen  tidak mepersoalkan apakah areal sawah ada irigasi atau tidak , yang penting ada solusi untuk mendapatkan air .

Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar Mursalin mencontohkan  konsep pertanian yang dilakukan di Desa Sukoharjo yang mendapat perhatian secara nasional .

“Kita tinggal mencontoh keberhasilan yang diperoleh oleh petani di Sukoharjo pada lahan sawah yang tidak berigasi,“ kata Mursalin  saat memberi kata sambutan di acara semai benih tersebut.

Motivasi yang diutarakan sangat masuk akal dimana sebagian besar areal pertanian di Aceh Besar  kurang produktif selama ini yang hanya sekali  tanam padi setiap tahunnya , karena tidak ada irigasi .

Meski  mengaku belum pernah ke Desa  Sukoharjo, Mursalin mengatakan, keberhasilan dengan sistem pertanian moderen Desa Sukoharjo  bisa dilihat melalui   media on line, You tube..

Keberhasilan konsep pertanian yang dikenal dengan coorporate farming menerapkan system pertanian terpadu .  ada sumur bor yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air yang dapat mencukupi  usaha pertanian terpadu. Dalam satu petak sawah menurut Mursalin, ada usaha peternakan ayam, sayur hidroponik dan padi . Semua usaha  baik peternakan ayam, sayur hidroponik dan padi menjadi satu  siklus  dalam konsep pertanian terpadu  yang saling mempengaruhi .

Jika konsep corporate farming bisa diterapkan di sejumlah areal di Kabupaten Aceh Besar tentu saja bisa lebih menseejarterakan petani dan secara makro ekonomi pendapatan Aceh Besar juga akan meningkat . (*)

Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar Mursalin sedang menyerahkan bibit gratis kepada kelompok tani.

138 Ton Bibit Padi Gratis untuk Petani Aceh Besar

Pemerintah Aceh Besar memberikan rangsangan dan semangat bagi petani di Aceh Besar pada musim tanam Gadu tahun 2020 ini .  Biaya yang sebelumnya dikeluarkan untuk olah tanah , pada musim tanam gadu ini ditanggung oleh pemerintah . Kepala Dinas (kadis) Pertanian Aceh Besar Dr Ir Azhar MSc saat diwawancarai insan pers, mengatakan disamping biaya oleh tanah yang diambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, para petani juga mendapatkan bibit padi secara gratis .

Pada musim Gadu ini luas arel padi yang ditanam mencapai 5.500 Ha dengan kriteria areal sawah yang memiliki irigasi .


Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Dr Ir Azhar MSc

Benih padi yang diperoleh para petani menurut Azhar adalah benih padi berkualitas seperti ciherang dan inpari yang dihasilkan oleh pusat penangkar benih yang ada di Aceh Besar .

“Benih yang diberikan untuk para petani ini adalah hasil karya lembaga penangkar benih di Aceh Besar dan sudan bersertifikat,” jelas Kadis Pertanian Aceh Besar, Azhar .

Secara nasional menurut Azhar terjadi kelangkaan benih padi berkualitas, dan kehadiran penangkaran benih Aceh Besar sangat membantu kebutuhan bibit padi bagi petani. Sementara menyinggung langkah agar benih yang disemai tidak gagal terlebih kondisi sawah yang digenangi air Kadis Pertanian Aceh Besar Azhar menjelaskan bisa dilakukan dengan system kering ( dapog).

Sistem dapog atau tray adalah tabur benih dengan menggunakan media dan tidak langsung pada areal sawah . memang sedikit kerja tambahan menyiapkan media untuk tebar benih, namun menurut Azhar langkah ini dinilai sangat tetap untuk menjamin penanam padi dapat dilakukan secara serentak (*)

 

 

 

 

 

 

IDUL FITRI

IDUL FITRI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..