Ketidakjelasan Dana Desa Gampong Meunasah Hagu, Baktiya Barat 

Kasi PMD Kecamatan Baktiya Barat Syaifannur,S.Sos.

LHOKSUKON (MA) Gampong Meunasah Hagu, Kecamatan Baktiya Barat, Kabupaten Aceh Utara kembali dihadapkan dengan persoalan internal terkait Dana Desa yang seharusnya sudah masuk ke rekening Gampong.

Menurut Syaifannur,S.Sos yang juga Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kantor Camat Baktiya Barat, informasi yang diketahui adalah dana tersebut sudah diusulkan ke Keuangan Daerah, tetapi apakah dana tersebut sudah masuk ke rekening Gampong, masih belum diketahui.

Ketegangan di Gampong Meunasah Hagu terjadi antara Tuha Peut dan Geuchik. Tuha Peut menolak menandatangani APBG hingga Geuchik menyelesaikan berbagai masalah di Gampong. “Ini juga masalah antara Tuha Peut dan Geuchik. Geuchik sudah membuat pernyataan bahwa ia bersedia mengadakan rapat dengan masyarakat di Meunasah, namun sampai sekarang hal itu belum dilakukan,” ujar Kasi PMD Kecamatan Baktiya Barat saat dikonfirmasi oleh mediaaceh.co.id, Senin, (8/7) di ruangnya.

BACA JUGA...  Pemkab Aceh Selatan Serahkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Kebakaran 

Kasi PMD juga menyebutkan, bahwa Geuchik memiliki rasa tanggung jawab dan Tuha Peut meminta Geuchik untuk mengadakan rapat dengan masyarakat terkait Dana Desa. Ketika media menanyakan terkait dana desa Gampong Meunasah Hagu, Kasi PMD mengaku tidak melakukan pengecekan lagi. “Saya katakan terus terang, saya tidak pernah melakukan pengecekan lagi Dana Desa Gampong Meunasah Hagu, apa sudah masuk atau belum,”ujarnya.

BACA JUGA...  Respon Cepat Keluhan Masyarakat, Satlantas Polres Aceh Utara Buat Zebra Cross di Zona Sekolah 

“Pada saat itu saya katakan sama Pak Geuchik, ini APBG kamu, terserah anda mau bawak kemana, itu urusan anda,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa dana desa bisa dicairkan apabila Geuchik dan Tuha Peut memiliki komitmen bersama. Persoalan di Gampong Meunasah Hagu bukan baru terjadi tahun ini saja, namun juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya. “Sampai kami disalahkan,” ungkapnya.

Menurut Kasi PMD, Geuchik dinilai tidak transparan oleh Tuha Peut. Ketegangan ini memperparah situasi pengelolaan Dana Desa di Gampong Meunasah Hagu.

BACA JUGA...  KPA Desak Bupati Aceh Selatan Batalkan Surat Ini

Berita ini turun, awak media belum sempat melakukan konfirmasi dengan Geuchik dan Tuha Peut Gampong Meunasah Hagu.(Sayed Panton).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *