oleh

Hari Ke Tiga UN Berlangsung Lancar

LHOKSEUMAWE (MA)-Hari ke tiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK Tahun 2019/2020, Rabu, 18 Maret 2020, di Provinsi Aceh berlangsung lancar tanpa ada kendala apapun.

Kepastian kelancaran UNBK SMK dipastikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, yang turun langsung ke lokasi pelaksanaan UNBK SMK di Lintas Utara-Aceh, meliputi Pidie, Pidie Jaya, Lhokseumawe dan Aceh Utara.

Kedatangan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. H. Rachmat Fitri HD, MPA, ke sekolah-sekolah di Lintas Utara-Aceh, sejak Selasa (17/03/2020). Ia bertolak dari Kota Banda Aceh.

“Sengaja kita lakukan peninjauan ini untuk memastikan UNBK di Aceh berlangsung lancar, aman tertib dan tidak ada kendala-kendala yang signifikan. Bahkan, peserta didik kita terlihat sangat bersemangat dan senang mengikuti ujian Nasional tersebut,” ujar Haji Nanda. sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini, Rabu (18/03/2020), di Kota Lhokseumawe.

Ia mengatakan, pihaknya juga mengintruksikan para Kepala Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota untuk memberikan laporan terkait kehadiran siswa-siswi SMK untuk mengikuti UNBK di sekolah-sekolah di seluruh Aceh.

“Kita juga meminta para Kepala Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota, untuk memberikan laporan terkait kehadiran siswa-siswi dalam mengikuti UNBK,” katanya.

Sejumlah sekolah yang ditinjau Kepala Dinas beserta rombongan, di antaranya SMK Negeri 1, SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Sigli (Pidie), SMK Negeri 1 Bandar Baru, SMK Negeri 1 Ulee Glee (Pidie Jaya).

Berikutnya, Kadisdik Aceh memantau pelaksanaan UNBK di SMK Negeri 7 Lhokseumawe, SMK Kesehatan Darussalam Lhokseumawe, SMK Negeri 2 Lhokseumawe, SMK Negeri 1 Dewantara (Aceh Utara), SMK Negeri 1 Cot Girek, Aceh Utara dan SMK Negeri 1 Lhoksukon, Aceh Utara.

Disela-sela peninjauan UNBK, Kepala Dinas Pendidikan Aceh ikut melakukan diskusi dengan peserta didik saat siswa-siswi sedang dalam jam istirahat. Seperti di SMK Negeri 7, Kota Lhokseumawe.

“Kelancaran mengisi jawaban soal UNBK ini tidak terlepas peran siswa-siswi, yang sebelumnya telah belajar dengan giat. Sehingga, hasilnya akan diperoleh dengan sempurna pula,” katanya.

Menurutnya, selain giat belajar diperlukan ibadah disertai memohon doa kepada Allah SWT. Sehingga, hasil sempurna yang di cita-citakan mendapat ridha oleh Allah SWT.

“Jangan pernah meninggalkan Shalat. Karena Shalat adalah tiang agama. Sehingga, cita-cita memperoleh hasil yang baik akan diridai Allah SWT,” ucap Haji Nanda.

Terkait diliburkannya sekolah, sesuai intruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Surat Edaran Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, ia menyatakan bukan berarti liburan. Hanya saja saat ini dalam pencegahan Virus Corona (COVID-19), proses pembelajaran tidak dilakukan dengan tatap muka.

“Kita juga telah meminta para Kepala Cabang Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota meminta laporan kepada Kepala Sekolah melalui Wali Murid untuk menyampaikan laporan terkait pembagian tugas yang disertai dengan foto dokumentasi,” tambah mantan Wakil Bupati Aceh Barat ini. [ADV]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..