oleh

Dinsos Aceh Gelar Rakor Rehsos, Ini Tujuannya

Banda Aceh (MA)- Dinas Sosial Aceh melalui Bidang Rehabilitasi Sosial mengadakan Rapat koordinasi (Rakor) Rehabilitasi sosial (Rehsos) se Aceh yang akan berlangsung hingga besok malam, Sabtu 7 Maret 2020.

Acara yang dipusatkan di salah satu hotel di Banda Aceh ini, menghadiri perwakilan Dinas sosial dan Bappeda Kabupaten/Kota se Aceh.

Sekretaris Dinas Sosial Aceh, Devi Riansyah, yang hadir mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mereview, mensinkronisasi, dan mereformulasikan program-program di bidang rehabilitasi sosial, sehingga output program yang telah direncanakan dapat tepat sasaran, optimal, dan sesuai dengan kebutuhan yang mengacu pada Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang sosial berdasarkan kewenangan daerah masing-masing.

Menurut Devi Riansyah, Dinas Sosial Aceh terus berusaha berkomitmen untuk mendorong upaya keberfunsian sosial, pemulihan hak dan kehidupan yang bermartabat bagi para pemerlu kesejahteraan sosial.

“Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan untuk dapat mendorong dan meningkatkan peran Dinas Sosial Aceh dan dinas sosial kabupaten/kota dalam mencapai terget tersebut,” kata Devi, Jumat 6 Maret 2020.

Sebab, sambung Devi, saat ini kasus-kasus ketelantaran terhadap anak, lanjut usia, penyandang disabilitas dan tuna sosial sangat marak terjadi. Kejadian ini terjadi di lintas kebupaten/kota serta lintas provinsi. Mereka membutuhkan tempat pelayanan rehabilitasi. Namun, saat ini ketersediaan pusat-pusat pelayanan ini masihlah sangat minim baik di tingkat provinsi maupun di tingkat kabupaten/kota di Aceh.

Karena itu, sangat penting didiskusikan untuk memetakan sumber daya yang ada, yang dapat dimanfaatkan bagi penyelesaian permasalahan tersebut. Sebab, untuk mencapai terget sesuai yang diharapkan sangat diperlukan koordinasi dari berbagai pihak serta pemanfaatan sumber daya yang ada.

“Saya harap dengan terlaksananya kegiatan ini, banyak hal baru yang dapat kita laksanakan bersama dalam menyelesaikan permasalahan kesejahteraan sosial di Aceh,” tutup Devi Riansyah.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Isnandar, yang bertindak sebagai ketua panitia kegiatan menambahkan, kegiatan ini akan diisi oleh pemateri dari Kementerian Sosial RI, Bappeda Aceh, dan Dinas Sosial Aceh.

“Saya berharap nanti kawan-kawan dari kabupaten/kota serius mengikuti kegiatan ini sehingga ada hal yang baru terkait SPM ini,” kata Nandar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah pejabat Eselon III, dan IV Dinas Sosial Aceh. (R)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..