oleh

Dukcapil Targetkan 40 Kampung Tersipu

“Kita menargetkan, 40 Kampung dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang di tahun 2021 ini sudah Tersipu, saya kira target itu tak muluk-muluk, tolok ukurnya, kepada Datok Penghulu (kepala desa) dan warganya koooperatif. Agar target itu tercapai,” jelas Sepriyanto

 

Laporan | Syawaluddin

KUALASIMPANG (MA) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Target 40 Kampung (desa) Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu).

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Drs. Sepriyanto.

Begitu penegasan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Aceh Tamiang, Sepriyanto pada mediaaceh.co.id, Jumat, 29 Januari 2021 di Karang Baru.

“Kita menargetkan, 40 Kampung dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang di tahun 2021 ini sudah Tersipu, saya kira target itu tak muluk-muluk, tolok ukurnya, kepada Datok Penghulu (kepala desa) dan warganya koooperatif. Agar target itu tercapai,” jelas Sepriyanto.

Untuk tahun 2020 lalu dua kampung Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu) yaitu Kampung Kuala Penaga Kecamatan Bendahara dan Kampung Baling Karang Kecamatan Sekerak.

Bahwa dua kampung dimaksud merupakan kampung yang berada dipendalaman Aceh Tamiang. Kampung Kuala Penaga sendiri merupakan kampung yang terisolir karena berada pada kepulauan dan Kampung Baling Karang sebuah kampung dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer dan menyeberangi sungai Tamiang dari pusat kota.

Kampung Tersipu merupakan sebuah Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) kolaborasi antara Dinas Dukcapil dengan Pemerintah Kampung dalam Kabupaten Aceh Tamiang.

Kemudian, sambung Sepriyanto dengan inovasi ini, semua penduduk dalam Kampung Tersipu dilayani sampai tuntas, lengkap dan benar dokumen kependudukannya.

“Alhamdulillah saat ini berkah inovasi ini Kampung Kuala Penaga dan Kampung Baling Karang semua penduduknya sudah Tersipu. Sudah memilik KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran serta dokumen kependudukan lainnya,” jelasnya.

Kemudian Sepriyanto menambahkan untuk tahun 2021 ini Dukcapil Aceh menargetkan 40 Kampung Tersipu.

“Sudah ada lima kampung yang telah bersedia mendukung Inovasi Kampung Tersipu,” sebutnya.

Sepriyanto menjelaskan lima kampung tersebut terdiri dari Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun, Kampung Bandar Setia Kecamatan Tamiang Hulu, Kampung Suka Ramai Dua Kecamatan Seruway, dua kampung di Kecamatan Bendahara masing – masing Kampung Seunebok Aceh dan Cinta Raja.

“Untuk lima kampung yang sudah mendaftar Inovasi Kampung Tersipu ini, akan dilaksanakan pada bulan Januari dan Pebruari tahun ini. Dari target 40 kampung, masih ada sisa kuato 35 kampung lagi, silahkan mendaftar,” himbaunya sembari menambahkan karena masih Pandemi maka pelaksanaan mengikuti Protokuler Kesehatan (Protkes) dengan memakai masker, jaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun.

Kemudian dari lima kampung yang sudah mendaftar, sambungnya Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun menjadi kampung pertama pelaksanaan Kampung Tersipu 2021.

“Jadwal pelaksanaannya hari Sabtu -Minggu, 30 – 31/202 akan dilakukan Pelayanan Adminduk Kampung Tersipu di Kantor Datok Penghulu Rimba Sawang,” sebutnya.

Sepriyanto menyampaikan dalam Pelayanan Adminduk Kampung Tersipu di Rimba Sawang nanti akan dilayani Rekam Cetak KTP el, Kartu Indentitas Anak (KIA), KK (Perubahan elemen data, pecah KK, serta yang lainnya, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah serta dokumen kependudukan lain yang dibutuhkan masyarakat.

“Khusus Rekam Cetak KTP, juga melayani masyarakat dari luar Kampung Rimba Sawang dengan syarat membawa fotocopi KK dan berpakain sopan/rapi dan mengikuti Protokoler Kesehatan,” urainya mengakhiri. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..