oleh

Tersipu Solusi Atasi Persoalan Adminduk

“Program Tersipu ini menjadi solusi memudahkan masyarakat dalam mengurus seluruh dokumen kependudukannya. Jika ada kekurangan dalam pelaksanaan program ini, bisa diperbaiki sambil berjalan program,” ujar Bupati Mursil.

 

Laporan | Syawaluddin

KUALASIMPANG (MA) – Program Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu) dengan layanan jemput bola merupakan solusi atasi persoalan Adminduk.

Demikian dikatakan Bupati Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Sabtu, 30 Januari 2021 di Kampung Rimba Sawang, Kecamatan Tenggulun, pada mediaaceh.co.id.

Bupati Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. H. Mursil, SH. Mkn.

Jemput bola melalui Program Tersipu yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) merupakan solusi mengatasi persoalan adminduk yang terjadi di tengah masyarakat.

“Program Tersipu merupakan program unggulan Pemkab Aceh Tamiang untuk membantu masyarakat melengkapi seluruh dokumen kependudukan seperti KTP El, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kematian dan dokumen adminduk lainnya,” kata Bupati Mursil saat meninjau pelaksanaan program Kampung Tersipu di Kampung Rimba Sawang.

Bupati Mursil menjelaskan Dokumen Administrasi Kependudukan ini merupakan dokumen yang penting dan vital untuk dapat dipergunakan dalam semua urusan, termasuk dalam melanjutkan pendidikan seperti masuk Akpol, Akmil dan penguruan tinggi serta sekolah dinas lainnya.

“Program Tersipu ini menjadi solusi memudahkan masyarakat dalam mengurus seluruh dokumen kependudukannya. Jika ada kekurangan dalam pelaksanaan program ini, bisa diperbaiki sambil berjalan program,” ujar Bupati Mursil.

Lanjutnya lagi, masyarakat diharapkan benar-benar memanfaatkan program Kampung Tersipu ini untuk menyelesaikan seluruh permasalahan dokumen kependudukan sehingga kehadiran pemerintah dalam melayani warganya bisa bermakna.

Melalui program kampung Tersipu, seluruh dokumen kependudukan yang dibutuhkan masyarakat dapat dicetak langsung di lokasi pelaksanaan program Kampung Tersipu. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Disdukcapil Aceh Tamiang.

Dalam kegiatan peninjauan tersebut, Bupati Mursil menyerahkan secara simbolik dokumen kependudukan bagi warga masyarakat di Kampung Rimba Sawang seperti Akta Kelahiran dan KIA .

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Aceh Tamiang, Drs. Sepriyanto mengatakan program Kampung Tersipu merupakan program inovasi Disdukcapil Aceh Tamiang dalam menuntaskan permasalahan pelayanan publik, khususnya dalam urusan Dokumen Administrasi Kependudukan.

“Dinas Dukcapil hadir saat ini untuk melayani masyarakat dalam menyelesaikan Dokumen Adminduk yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat. Melalui program Tersipu, seluruh dokumen kependudukan masyarakat dapat kami tuntaskan hari ini juga antara lain pencetakan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga, perekaman dan pencetakan KTP-el dan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA),” jelas Sepriyanto.

Sepriyanto menambahkan pelaksanaan program Tersipu di Kampung Rimba Sawang kecamatan Tenggulun merupakan yang pertama di tahun 2021 ini. “Di tahun ini, pihaknya menargetkan akan melaksanakan program Tersipu di 40 Kampung,” Pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..