oleh

Raih Kejayaan Lewat Seni Budaya

ACEH TAMIANG, (MA) | Untuk meraih kedikjayaan martabat dan kehormatan Rumpun Gayo, dalam budaya dan adat istiadat, harus diraih melalui Pagelaran Seni Budaya Gayo.

Agar berbagai keterampilan Seni Budaya Masyarakat Gayo tidak luntur digerus oleh pergeseran nilai nilai budaya barat yang masuk ke Indonesia, khususnya masyarakat Gayo.

Hal itu ditegaskan Anggota DPRA dari partai Demokrat, Nora Idahnita, SE kepada mediaaceh.co.id saat menghadiri Pagelaran Seni Budaya Gayo, Sabtu (25/1/2020) lalu. Di Kampung (Desa) Batu Bedulang kecamatan Bandar Pusaka, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh.

Nora; mengapresiasi kegiatan Pagelaran Seni Budaya Gayo yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kampung Batu Bedulang. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghempang budaya barat masuk ke Aceh Tamiang.

“Kita memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi – tingginya kepada Pemerintah Kampung Batu Bedulang, Tokoh Masyarakat serta Kepala Mukim Bandar Pusaka atas terlaksananya Pagelaran Seni Budaya Gayo,” ujar Nora.

Menurutnya, Pagelaran Seni Budaya Gayo ini merupakan kesenian yang harus dilestarikan, digalakkan dan dikembangkan sebagai salah satu keanekaragaman etnis budaya, sama halnya dengan adat budaya lainnya seperti Melayu, Aceh serta yang lainnya yang ada di Bumi Muda Sedia.

“Kegiatan ini menjadi catatan bagi kita semua. agar kedepannya kegiatan seperti ini hendaknya mendapatkan perhatian pemerintah, baik itu dari pemerintah tingkat kabupaten maupun tingkat propinsi,” ungkapnya.

Nora mengatakan seni budaya adalah sebagai salah satu warisan budaya yang haruslah terus dilestarikan. “Sebagai khasanah budaya, seni budaya wajib dilestarikan.

Melestarikan Seni Budaya adalah bagian dari upaya kita memajukan kesenian di Aceh Tamiang khususnya dan umumnya di Aceh,” kata Nora.

Karena itu sambung Nora. semua pihak harus mampu menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di Bumi Muda Sedia ini. Baik itu Gayo, Melayu, Aceh serta yang lainnya agar menjadikan sebagai bagian dari jati diri bersama.” Ini aset bangsa khususnya Aceh. Melalui kebudayaan salah satu cara meraih kejayaan” sebut Nora mengakhiri. (Syawalddin)

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..