oleh

Pupus Dilema Covid, Bupati Ajak Hidup Sehat

KUALASIMPANG (MA) – Mengajak masyarakat untuk menjaga dan mengurangi dampak pandemi Covid 19, melalui hidup sehat adalah sesuatu keharusan saat ini.

Mentaati protokoler kesehatan (prokes), satu cara diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Sebab wilayah itu merupakan pintu gerbang masuk ke Provinsi Aceh.

Ajakan itu disampaikan, H Mursil, Bupati Kabupaten Aceh Tamiang, pada mediaaceh.co.id, Minggu, 18 Oktober 2020 di Karang Baru.

Sebab data terupdate Satgas Covid menyebutkan jumlah kasus COVID-19 di Aceh Tamiang sebanyak 212 orang.

Pasien yang membutuhkan perawatan dengan isolasi mandiri ada 132 orang dan pasien yang dirawat atau dirujuk ada 70 pasien dan masih Terkonfirmasi Positif COVID-19.

“Angka kematian capai 4.7 persen atau 10 orang saja,” kata Mursil mengutip pernyataan Agusliayana Devita, Ketua Bidang Data dan Informasi Satgas Penanggulangan Covid 19.

Kecuali itu, Angka kasus infeksi COVID-19 di Aceh Tamiang masih terus mengalami penambahan setiap harinya. Update data terakhir yang dilaporkan Sabtu, 17 Oktober 2020, total kasus infeksi COVID-19 melewati angka 200 yaitu tepatnya 212 kasus.

“Hari ini (Sabtu sampai Minggu) ada penambahan sebanyak 15 orang terkonfirmasi positif COVID-19 hasil Swab PCR,” tegas Mursil.

Sebagai gambaran umum terhadap COVID-19 dapat dicurigai pada pasien yang memiliki gejala saluran pernapasan, seperti demam >38⁰C, batuk, pilek, sakit tenggorokan yang disertai dengan riwayat bepergian ke daerah dengan transmisi lokal atau riwayat kontak dengan kasus suspek atau kasus kofirmasi COVID-19.

Kemudian Mursil mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat mematuhi Peraturan Bupati Aceh Tamiang nomor 30 Tahun 2020 tentang peningkatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan meningkatkan imunitas tubuh, agar penyebaran COVID-19 ini cepat segera berakhir,”.

Disampaikan pada pertemuan dengan Masyarakat Kampung Bukit Paya, Kemukiman Gunung Mesjid, kecamatan Manyak Payed, Sabtu kemarin, selain bicara Covid, Mursil juga menerima, kritik, saran, aspirasi yang menyangkut dengan tatanan bermasyarakat hingga berbagai pembangunan yang sudah dan belum dicapai.

Pada dialog itu, Mursil banyak menyampaikan permasalahan terkait infrastruktur, pembangunan fisik, irigasi bahkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat terbentuk sinergitas yang kuat antara pimpinan dengan masyarakat khususnya di Kemukiman Gunung Mesjid.

Selain Bupati Mursil, ada Camat Manyak Payed menyampaikan; hadirnya Bupati ditengah masyarakat Gunung Mesjid menjadi spirit masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini. (Syawaluddin)

 

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..