Puncak HUT SPS Ke-77 Umumkan Para Pemenang Media, Ini Nama-Namanya 

Pemenang Media Brand Award 2023.

DENPASAR, BALI, (MA) Sebagai puncak rangkaian peringatan ulang tahun ke-77, Serikat Perusahaan Pers (SPS) sukses menggelar malam penghargaan HUT 77 SPS yang berlangsung di Rumah Kediaman Gubernur Bali, Denpasar, Jumat malam (11/08/2023).

Mengangkat tema “Transformasi Industri Media untuk Bangkit Bersama”, SPS berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali menghadirkan sesi penobatan empat penghargaan bergengsi di bidang media. Terentang dari Media Brand Award, Media Relations Award, serta Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama. Tak lupa SPS juga akan memberikan Penghargaan Khusus, yakni Lontar & Lestari Award.

Di ulang tahun ke-77, SPS Indonesia melalui Ketua Umum SPS sekaligus Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita memberikan penghargaan tertinggi Lontar Award 2023 kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas budi dan jasa sumbangsihnya dalam memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya Bali. SPS juga memberikan penghargaan tertinggi Lestari Award 2023 kepada Pemerintah Provinsi Bali karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan apresiasi ke SPS Indonesia atas penghargaan Lontar Award yang diterimanya dan Lestari Award yang disematkan ke Pemerintah Provinsi Bali. “Pers adalah medium yang efektif untuk mengomunikasikan kebijakan Pemprov Bali pada masyarakat. Saat Covid kemarin, kami memberikan program hibah untuk semua media di Bali. Dan saya mendapat informasi, kebijakan ini pertama kalinya diterapkan di seluruh Indonesia.

Sementara itu Ketua Umum SPS sekaligus Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita menyerukan ke semua pihak terutama pemerintah untuk hadir menyelamatkan industri pers Indonesia. Ini dimaksudkan agar di tengah berita palsu yang menjejali benak publik setiap saat, pers tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan bermartabat. Menurutnya, industri pers saat ini sedang terancam oleh keberadaan platform digital global. “Banyak perusahaan pers yang mendegradasikan diri melalui produk jurnalistiknya dengan mengubah karya menyesuaikan selera algoritma platform,” ujarnya.

Ia menambahkan, rencana penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Publisher Rights harus didukung penuh. Perpres tersebut akan mendorong kesepakatan bagi hasil ekonomi yang lebih fair antara platform digital dan perusahaan pers atas pemanfaatan produk jurnalistik lembaga media yang mendorong produk jurnalistik berkualitas.

“Kehadiran pemerintah dalam bentuk kewenangan yang dimilikinya akan membangun ekosistem pers yang memungkinkan industri pers nasional sebagai entitas bisnis yang sehat dan berkelanjutan serta sebagai insan pers yang terus menghasilkan produk berkualitas dan bertanggung jawab,” tambah Januar.

77 Tahun Serikat Perusahaan Pers 

Serikat Perusahaan Pers (SPS) tahun ini genap berusia 77 tahun. Di Yogyakarta pada 8 Juni 1946, tokoh-tokoh dan pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional berkumpul untuk mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Pada Kongres XXIII di Bali tahun 2011, organisasi bertransformasi menjadi bukan sekedar organisasi penerbit media cetak tetapi juga non-cetak, dan mengubah brand menjadi Serikat Perusahaan Pers, singkatan tetap SPS.

BACA JUGA...  Sestama BNPT: Budaya Lokal Mampu Cegah Paham Radikal

Saat ini SPS memiliki 30 cabang provinsi yang di seluruh Indonesia, dengan 538 anggota perusahaan pers. Di usia ke-77, SPS kembali lagi ke Bali dengan serangkaian perhelatan kegiatan yang berlangsung sejak 10 Agustus, yakni Dialog Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Pada puncak perayaan HUT ke-77, SPS berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali menghadirkan sesi penobatan empat penghargaan bergengsi di bidang media. Terentang dari Media Brand Award, Media Relations Award, serta Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama. Tak lupa SPS juga akan memberikan Penghargaan Khusus, yakni Lontar & Lestari Award.

Empat penghargaan bergengsi yang diberikan kali ini terdiri dari:

– Pemimpin Terpopular di Media Arus Utama untuk Daerah dan Kementerian/Lembaga.
– Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama kepada 16 perusahaan
– Pemenang Media Relations Award, kategori: Media Special Program (5 pemenang), Press Gathering (3 pemenang), Press Conference (5 pemenang), dan Press Release (14 pemenang).
– Pemenang Media Brand Award, kategori Media Nasional sebanyak 20 pemenang.

Daftar Pemenang Penghargaan Hut Ke-77 Serikat Perusahaan Pers

Penghargaan Khusus Lontar Award 2023

Apresiasi tertinggi dari organisasi SPS yang disematkan kepada Bapak Gubernur Bali Wayan Koster, atas budi dan jasa sumbangsihnya dalam memajukan industri dan ekosistem media-media di daerah, khususnya Bali.

Penghargaan Khusus Lestari Award 2023

Penghargaan tertinggi dari organisasi SPS yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Bali karena keberhasilannya dalam menjaga keberlanjutan warisan budaya setempat sebagai tiang penyangga pers lokal.

Media Brand Awards

Penilaian terhadap awareness media mainstream dalam mengelola brand-nya di medium digital, dalam hal ini media sosial. Ditandai dengan coverage media tersebut di media sosial sepanjang Mei 2022 – Mei 2023. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang media dimaksud.

Daftar pemenang:
Kategori Media Nasional

Serambinews
Radar Bogor
Banjarmasin Post
Tribun Sumsel
Riau Pos
Radar Cirebon
Bali Post
Solopos
Sumut Pos
Pikiran Rakyat Media Network

Kategori Media Nasional

Kompas.com
Tribunnews.com
Narasi
Tempo.co
Detik.com
IDN Times
Republika.co.id
Sindonews.com
Bisnis Indonesia
Kompas

Media Relations Award

Media Relations Awards adalah sebuah ajang kompetisi yang mengapresiasi kinerja korporasi/institusi di bidang media relations. Sebagai barometer untuk mengukur kinerja media relations sepanjang satu tahun.

Daftar pemenang:

Kategori Media Special Program

Bronze Winner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Penanganan Counter Isu Pinjol Ilegal di Kalangan Mahasiswa IPB

Bronze Winner PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk.
Lomba Artikel Jurnalistik Tugu Insurance 2022

BACA JUGA...  Aliansi BEM FISIP Se Sumatera Serahkan Nota Kesepahaman Kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang

Silver Winner PT Pertamina Hulu Indonesia Baso Iga PHI

Gold Winner PT Astra International Tbk.
Lomba Foto Astra & Anugerah Pewarta Astra 2022

Gold Winner PT LRT Jakarta
Program Media Tour KELAR “Keliling Bareng LRTJ”

Kategori Press Gathering

Bronze Winner PT Pertamina Hulu Indonesia Mengarungi Lautan untuk Indonesia

Silver Winner PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Press Tour ASDP: Kawasan Bakauheni Harbour City

Silver Winner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Program Inklusi Keuangan OJK Hadir Secara Nyata Mendorong Pemberdayaan Ekonomi Daerah

Kategori Press Conference

Bronze Winner Indosat Ooredoo Hutchison Jaringan Terintegrasi 100 %

Bronze Winner PT Bank Sumut
Bank Sumut Ganti Kerugian Nasabah Koran Kejahatan Skimming

Silver Winner PT Astra International Tbk. Grand Opening Kampus Baru ASTRAtech

Gold Winner Kementerian Keuangan
Konferensi Pers APBN Kita 2022

Gold Winner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Konferensi Pers Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2023 “Penguatan Sektor Jasa Keuangan dalam Menjaga Pertumbuhan Ekonomi

Kategori Press Release

Bronze Winner PT Pelindo Marine Service Indahnya Pesan Keberagaman Suku, Ras, dan Disabilitas pada pawai Bunga Surabaya 2023

Bronze Winner PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) ASDP Target Layani 4,98 Juta Pemudik di 8 Lintasan Penyebrangan Terpantau Nasional

Bronze Winner PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi
11 Tahun tanpa Lost Time Incident di lapangan MLN: Bukti terhadap Komitmen Keselamatan dan Continouos Improvement

Bronze Winner PT Perkebunan Nusantara X Sinergi dengan KAI PTPN X Dukung Relawan Bakti BUMN

Bronze Winner Kementerian Perdagangan Periode 16-30 April 2023: Harga Referensi CPO Meningkat

Bronze Winner PT Perkebunan Nusantara XII Relawan Bakti BUMN Batch III Banyuwangi

Bronze Winner Universitas Indonesia
UI serahkan simbolis bus listrik dengan TKDN tertinggi kepada Pemerintah untuk G20

Bronze Winner Universitas Esa Unggul
Bermitra Bersama Arizona State University, Universitas Esa Unggul Hadirkan Pendidikan Kelas Dunia di Indonesia

Bronze Winner PT Elnusa Tbk.
Optimalkan Strategi Bisnis yang Berkelanjutan, Elnusa Catatkan Kinerja Positif di Tahun 2021

Bronze Winner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Resiliensi Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Berlanjutnya Ketidakpastian Global

Silver Winner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pasar Modal Indonesia Siap Berkontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Nasional Tahun 2023

Silver Winner BPJS Kesehatan
Sukses Pertahankan WTM, Ini Sejumlah Capaian BPJS Kesehatan di Tahun 2021
Gold Winner Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Pelepasan Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 3 tahun 2022

Gold Winner Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Madsaz, Aplikasi Penerjemah Tangisan Bayi Buatan Dosen Vokasi.

BACA JUGA...  Koalisi Aktivis KAMI Laporkan Kepala BPSDM Aceh ke Ombudsman

Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2023

Penilaian terhadap bagaimana korporasi dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan insan pers/media. Kemampuan pengelolaan Media Relations dari sebuah korporasi tersebut ditandai dengan coverage brand/korporasi tsb di media arus utama sepanjang Mei 2022 – Mei 2023. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang brand/korporasi dimaksud.

Daftar Pemenang:

PT Astra International Tbk.
PT Astra Honda Motor (AHM)
PT Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk.
PT Freeport Indonesia
PT Indonesia Comnets Plus (ICON+)
PT Pegadaian (Persero)
PT Pelabuhan Indonesia (Persero)
PT Pertamina (Persero)
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
Perum Peruri
PT Pupuk Kujang
PT Pupuk Sriwidjaja
PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP)
PT Sarana Multigriya Finansial (Persero)
Telkomsel
Sinar Mas Land

Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2023

Penilaian terhadap bagaimana pemimpin instansi/pemimpin daerah dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan insan pers/media. Kemampuan pengelolaan Media Relations dari pemimpin institusi/pemimpin daerah, ditandai dengan coverage pemimpin tsb di media arus utama sepanjang 1 Mei 2022 – Mei 2023. Coverage dimaksud berupa: menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang brand/korporasi dimaksud.

Daftar pemenang:

Kategori Pemimpin Daerah
Arief Rachadiono Wismansyah, Wali Kota Tangerang
Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat
Wayan Koster, Gubernur Bali

Kategori Pemimpin Kementerian/Lembaga

Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan
Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Erick Thohir, Menteri BUMN
Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia

Tentang SPS

Lahir di Yogyakarta pada 8 Juni 1946, para tokoh dan pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional berkumpul mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), yang merupakan wadah berkumpulnya para penerbit pers (cetak). Organisasi ini menjadi alat perjuangan dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia melalui pers.

Tepat di usia 65 tahun pada tahun 2011 SPS mengubah namanya menjadi Serikat Perusahaan Pers. Organisasi bertransformasi bukan hanya wadah penerbit media cetak (suratkabar, tabloid, dan majalah), melainkan juga terbuka bagi media non cetak (online dan penyiaran). Hingga akhir 2022, SPS memiliki 600 anggota yang tersebar di 30 cabang seluruh Indonesia.(R).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *