oleh

Program Smart Gampong Prioritas Bangun Gampong Berbasis Digital Aceh 2021

BANDA ACEH (MA) – Program Smart Gampong (Desa) jadi acuan pembangunan Gampong berbasis Digital di Provinsi Aceh, dengan menggunakan fungsi dan sistem kerja dari aplikasi yang sudah dirancang secara khusus.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) provinsi Aceh, Azhari SE, MSi kepada mediaaceh.co.id, Senin 12 Oktober 2020, di Banda Aceh.

Penegasan tersebut dikatakan Azhari saat melakukan kunjungan kerja di Gampong Blang, Kecamatan Matang Kuli, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Kedatangan Azhari ke Gampong Blang, ingin melihat dan mendengar langsung perkembangan penerapan Program Smart Gampong yang sudah dijalankan diawal tahun 2020, hingga saat ini, oleh Aparatur Pemerintah Gampong Blang Matangkuli.

Dia mengatakan; fungsi dan sistem kerja dari aplikasi Smart Gampong sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya terkait data-data kependudukan, surat menyurat dan pembangunan dimana bisa diakses oleh warga secara online dan offline.

Bahkan data BLT, BST dan penerima bantuan pemerintah lainnya dipastikan tidak tumpang tindih. “Saya melihat, Gampong Blang ini sudah termasuk Gampong smart. Kalau hanya memindahkan data dari manual ke digital, belum bisa dikatakan smart” Katanya.

Azhari, punya harapan besar agar program Smart Gampong ini dapat di tranfer dan di adopsi ke Gampong lainnya dalam provinsi Aceh untuk diadopsi menjadi prioritas pembangunan Digitalisasi Desa.

Turut dalam kunjungan kerja tersebut, Kabid Pengembangan Gampong & Mukim, Tenaga Ahli IT P3MD Aceh, DPMG kabupaten Aceh Utara, Tenaga Ahli P3MD Aceh Utara dan Pendamping Desa dan Pendamping lokal Desa.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Gampong Blang, Ismunazar, SE, MM Sekretaris, yang juga kreator program Smart Gampong mengatakan; kedatangan dan kehadiran Pejabat Tinggi Provinsi Aceh di Gampong tersebut menjadi catatan sejarah yang tidak terlupakan.

Dan juga sekaligus memotivasi semangat untuk lebih berkreasi demi Gampong yang lebih baik diharapkan dukungan dan Bimbingan dari pemerintah Aceh terhadap pengembangan Smart Gampong.

Selain sebagai sarana untuk mewujudkan Gampong juga soko guru pembangunan dan pelayanan kepada Rakyat, yang terbuka, akuntable dan tidak bertele – tele sebagai mana harapan Presiden Jokowi. (Red/Mtr)

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..