Bupati Tgk. Amran Resmikan Pemakaian Gedung MUQ

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, SH menyerahkan bonus kepada santri MUQ yang berprestasi, Kamis, (22/9).(Photo/Media Aceh/Istimewa).

TAPAKTUAN (MA) Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran,  SH meresmikan pemakaian Gedung Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) yang berlokasi di Gampong Panjupian, Kecamatan Tapaktuan, Jum’at (22/9).

Peresmian gedung sekolah itu, ditandai dengan peusijuk (tepung tawar-red) di saksikan anggota  oleh Forkopimda Aceh Selatan, pejabat teras Pemkab Aceh Selatan, para ulama dan pimpinan dayah, direktur dan pengurus MUQ, camat, tokoh masyarakat, dan perangkat Gampong Panjuipian.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, SH dalam sambutannya, mengatakan,  Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Aceh Selatan didirikan pada tahun 2015, oleh Bupati Aceh Selatan periode saat itu yaitu Alm. H.T. Sama Indra, SH dengan sekolah formal yang bernama SMP Plus Ulumul Qur’an.

BACA JUGA...  GerPAS Desak Penegak Hukum Usut Penggunaan ‘Bansos’ Aceh Selatan Tahun 2019

Menurut bupati, hal ini didasari semangat dan niat mulia untuk melahirkan generasi qurani Aceh Selatan yang hafal al-quran dan telah berprestasi.

“Hal tersebut tentu merupakan kebanggaan tersendiri, tidak hanya menjadi milik santri dan orang tua saja, namun juga menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Aceh Selatan,” kata Tgk. Amran.

Bupati mengatakan,  bahwa pada awal tahun 2021 lalu, menjadi catatan sejarah  bagi MUQ Aceh Selatan, dengan berhasilnya salah seorang santriwati menyelesaikan setoran terakhir 30 juz dan untuk pertama kalinya MUQ Aceh Selatan. MUQ  berhasil melahirkan hafiz atau hafizah 30 juz quran sebagai aset berharga Aceh Selatan ke depan.

Tgk.Amran berharap, agar nantinya tiap Kecamatan memiliki hafiz atau hafizah, kemudian untuk jangka panjang, setiap gampong harus memiliki penghafal al-Quran.

BACA JUGA...  Sejumlah Kawasan di Asel Dilanda Banjir, 300 Ha Padi Baru Tanam Rusak 

Dengan jumlah santri yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dibarengi dengan pembenahan secara berkesinambungan terus dilakukan, tentunya hal tersebut sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk terus mendukung kemajuan MUQ.

Beliau juga menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir MUQ Aceh Selatan juga menerima siswa tingkatan SMA, untuk itu dibutuhkan dukungan fasilitas yang lebih memadai.

“Atas izin Allah saat ini kita telah berada di Komplek bangunan MUQ Gampong Panjupian untuk meneruskan cita -cita mengembangkan MUQ yang lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Peresmian MUQ Aceh Selatan Drs. Farid Wajdi mengatakan, MUQ ini sudah mencapai nilai terbaik, sebagaimana sebelumnya para santri MUQ ini sudah banyak yang membuktikan prestasinya diberbagai ajang kompetisi santri, pungkasnya.

BACA JUGA...  Sosialisasi Pelaksanaan DAK BKKBN Aceh Tahun 2017 Berakhir

Pantauan wartawan, penghujung acara peresmian, bupati  menyerahkan bonus  kepada para santri berprestasi yang berasal dari berbagai Dayah dalam Kabupaten Aceh Selatan serta penyerahan Bea Siswa Santri (Besan) secara simbolis kepada beberapa perwakilan santri.(Maslow Kluet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *