example banner

oleh

Kejari Sabang Musnahkan 30 Barang Bukti Sitaan Kejahatan

example banner

example banner

Laporan | Jalaluddin

Sabang (MA) – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang, musnahkan 30 barang bukti hasil dari sitaan kejahatan setelah memperoleh kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri (PN) Sabang, dan pelakunya pun juga sudah menjadi terhukum.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) usai melakukan pemusnahan barang bukti kepada awak media mengatakan, kejahatan di wilayah hukum Kota Sabang pada tahun 2020 ini terjadi penurunan dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2019 lalu terjadi 31 perkara sementara pada tahun 2020 turun menjadi 29 perkara.

“Dilihat dari jumlah perkara hukum yang terjadi di wilayah Kota Sabang, pada tahun 2020 ini terjadi penurunan dari tahun 2019 lalu. Dimana tahun lalu terjadi 31 perkara, sementara tahun ini hanya 29 perkara. Berarti kesadaran hukum masyarakat mulai meningkat”., kata Kajari Choirun Parapat, SH, MH, didampingi Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, SH, Ketua Pengadilan Sabang, Syihabuddin, SH, MH, Kasi Rehabilitasi BNN Kota Sabang dan Kasat Narkoba Polres Sabang, Erizal, SE.

Kajari Sabang menambahkan, pemusnahan barang bukti yang dilakukan itu merupakan tugas Kejaksaan dalam mengakhiri perkara yang telah diputuskan dan inkrah atau telah memiliki kekuatan hukum tetap dari Pengadilan Negeri dan pelakunya pun sudah dihukum.

Selain itu juga, kegiatan tersebut merupakan pekerjaan yang wajib dilaksanakan oleh bidang Pengelolaan Barang Bukti dan Rampasan (PB3R), dilakukan tim Kejaksaan Negeri Sabang, dibawah kendali Jaksa Penuntut Umum (JPU) saudara Tri Sutrisno, SH dan Muhammad Rizza, SH.

Sementara barang bukti yang dimusnahkan berupa Narkotika jenis Ganja 1.223,46 Gram dan Narkotika jenis Sabu seberat 9,66 Gram. Dan diinformasikan tren perkara Narkotika di wilayah hukum Kota Sabang, dimana pada tahun 2020 jumlah perkara 29, sedangkan pada tahun sebelumnya atau tahun 2019 sebanyak 31 perkara.

“Meski pun tidak begitu banyak akan tetapi, pada tahun ini perkara yang ditangani Kejaksaan Negeri Sabang mengalami penurunan. Untuk terus menekankan kejahatan maka, Kejari Sabang terus bekerja keras, dalam menindak kasus-kasus yang terjadi di wilayah Kota Sabang, agar masyarakat dapat hidup aman dan nyaman”, terang Choirun Parapat, SH, MH.

Oleh karenanya, Kejaksaan Negeri Sabang tambah Choirun Parapat, SH, MH, pihaknya conten dalam memberantas tindak pidana kejahatan di Kota Sabang, terutama dalam kasus kejahatan Narkotika bekerjasama dengan penegak hukum lainnya, seperti Polres Sabang, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Sabang dan Pengadilan Negeri Sabang., jelas Kajari.

Hadir pada pemusnahan tersebut antara lain Kajari Sabang Choirun Parapat, SH, MH, Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, SH, Ketua Pengadilan Sabang Syihabuddin, SH, MH, Kasi Rehabilitas BNN Kota Sabang M Ichsan, Plt Kadis Kesehatan Kota Sabang Sajuddin, SH, Kasat Narkoba Polres Sabang Erizal, SE, Kasintel Kejari Sabang Hendra PA, SH, JPU Kejari Sabang Tri Sutrisno, SH dan JPU Muhammad Rizza, SH. (*).

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..