Karhutla Lalap Areal Wih Pesam dan Pintu Rime Gayo

  • Bagikan

 25 total views,  1 views today

Karhutla Lalap Areal Wih Pesam dan Pintu Rime Gayo

PONDOK BARU (MA) – Seluas 4 hektar Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) lalap areal hutan kecamatan Weh Pesam Kabupaten Bener Meriah dan Pintu Rime Gayo, menyebabkan seperempat hektar kebun kopi milik warga hangus terbakar.

Dari peristiwa Karhutla itu sembilan armada Pemadam Kebakaran (Damkar) milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dikerahkan untuk memadamkan kobaran api.

Dihari yang sama kebakaran juga terjadi di wilayah kecamatan Weh Pesam Bener Meriah, menyebabkan seperempat hektar kebun Kopi milik warga [gosong] tidak bisa lagi dimanfaatkan.

Begitu penjelasan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Bener Meriah, Safriadi kepada wartawan, Selasa, 12 Oktober 2021 di Pondok Baru; dikatakan, sembilan unit Damkar dari BPBD Bener Meriah diterjunkan untuk mengatasi Karthula di sekitar kecamatan PRG dan Weh Pesam.

Sedangkan di Kecamatan Bener Kelipah, satu hektare lahan bekas rumput ilalang yang sudah dibabat warga juga terbakar, katanya.

Safriadi menyebutkan; lebih kurang dalam satu hari itu, ada tiga hektar lebih hutan dan lahan yang terbakar di Bener Meriah.

“Armada Damkar yang kita kerahkan kemarin diantaranya, mulai dari Posko Permata, Posko Bandar, Posko Utama, Posko Lampahan, dan Posko Singah Mulo, serta Posko Rakal,” rincinya.

Petugas mengalami kendala dilokasi seperti sumber air yang terbatas, sehingga harus menerjunkan mobil tangki air dari pos Damkar Pintu Rime Gayo.

Bukan hanya itu, kendala lainnya adalah jumlah personel Damkar yang masih kurang yang dinilai tidak sebanding dengan peristiwa kebakaran yang melanda Bener Meriah hingga bertubi-tubi di lokasi yang berbeda.

“Kebutuhan paling minimum 120 orang personel, dan sekarang yang ada hanya 96 personel, jadi masih belum ideal saat melakukan penanganan kebakaran,” tuturnya

Pada kesempatan itu, Kalak BPBD Bener Meriah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berhati-hati dengan potensi kebakaran di Bener Meriah.

“Kita mengimbau masyarakat tetap berhati-hati terhadap kebakaran karena potensi angin kencang masih tinggi,” Pungkasnya. [Abdul Rahman].

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...