Karang Taruna Aceh Utara Raih Peringkat I di Provinsi Aceh

  • Bagikan
Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara meraih tingkat I di Provinsi.

 35 total views,  6 views today

Lhoksukon (MA) Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara meraih Peringkat I sebagai Karang Taruna berprestasi tingkat Provinsi Aceh tahun 2021.

Kepastian itu diperoleh berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Sosial Aceh Nomor 467.2/8021/2021 tanggal 9 November 2021 tentang Penunjukan/Penetapan Hasil Seleksi Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2021.

Prosesi penyerahan hadiah kepada Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara secara langsung dilakukan oleh Pemerintah Aceh, yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal, M.Si, pada Selasa, 22 November 2021, di Hotel Oasis Atjeh, Banda Aceh.

Keberhasilan Karang Taruna Rincong Pusaka kembali menorehkan prestasi bagi Kabupaten Aceh Utara di tingkat Provinsi Aceh. Kali ini dalam bidang kreativitas dan pemberdayaan pemuda-pemudi, pada ajang tahunan yang bertajuk Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi.

Ketua Karang Taruna Aceh Ismet Tanjung, MT, mengatakan Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng, Kecamatan Dewantara berhasil meraih Peringkat I berdasarkan penilaian terhadap pemaparan program kegiatan dan kelengkapan administrasi. “Hal itu juga dibuktikan dengan fakta di lapangan,” ungkap Ismet Tanjung, yang juga Ketua Tim Seleksi.

Ismet merincikan, untuk tahun 2021 ini Karang Taruna Rincong Pusaka asal Kabupaten Aceh Utara sukses menduduki Peringkat I tingkat Provinsi Aceh. Sedangkan Peringkat II diraih Karang Taruna Muda Berkarya asal Kabupaten Bireuen, Peringkat III Karang Taruna Muda Mandiri asal Kota Lhokseumawe. Berikutnya, Peringkat IV diraih Karang Taruna Bur Jangkar asal Aceh Tengah, dan Peringkat V Karang Taruna Bunga Tanjong asal Kabupaten Pidie.

Kepala Dinas Sosial Aceh Dr Yusrizal, M.Si, pada kesempatan itu mengatakan dalam Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh, Karang Taruna Rincong Pusaka harus bersaing ketat dengan wakil dari 23 kabupaten/kota lainnya dari seluruh Aceh. Hal itu tentu saja tidak mudah, apalagi proses seleksi tersebut terbilang cukup panjang.

“Dari mulai penilaian kelengkapan administrasi pada 12 September 2021, presentasi orientasi dan seleksi pada tanggal 27 s/d 29 Oktober 2021, hingga tahapan terakhir kunjungan langsung dari Tim Penilai pada tanggal 6 November 2021,” ungkap Yusrizal.

Yusrizal menambahkan, setiap tahun Dinas Sosial Aceh melakukan Seleksi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Provinsi Aceh dengan tujuan untuk memberikan penghargaan atau apresiasi pemerintah kepada pilar-pilar di daerah. Pilar-pilar sosial merupakan salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Diharapkan mereka terus meningkatkan kinerjanya serta dapat menginspirasi pilar-pilar sosial lainnya.
Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib sangat mengapresiasi Karang Taruna Rincong Pusaka, Gampong Paloh Gadeng yang telah berhasil meraih prestasi menjadi Karang Taruna Teladan, yakni dengan meraih Peringkat I Tingkat Provinsi Aceh. “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara merasa bangga atas perolehan prestasi tersebut, semoga ke depan dapat ditingkatkan lagi,” harapnya.

Muhammad Thaib juga mengharapkan agar Karang Taruna dapat menyatukan persepsi pemahaman dalam pembangunan daerah, serta saling bersinergi dan menjalin kebersamaan dengan Pemerintah Daerah, Kecamatan dan Gampong.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara Sarjani, ST, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, manajemen PT Pupuk Iskandar Muda (Persero) dan BUMN lainnya yang ada di Aceh Utara yang telah membina Karang Taruna di daerah ini.

“Kita juga berharap kepada Camat dan Geuchik untuk dapat membentuk Karang Taruna di setiap Kecamatan dan Gampong, serta dapat memberdayakannya, sehingga nantinya pengurus dapat membantu pelaksanaan pembangunan di tingkat Kecamatan dan Gampong,” kata Sarjani.

Ketua Karang Taruna Rincong Pusaka Gampong Paloh Gadeng Ibnu Hajar menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung organisasinya. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Utara, Dinas Sosial P3A Aceh Utara, PT PIM, Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, dan Karang Taruna Kecamatan Dewantara yang telah membina kami selama ini. Tak lupa juga kepada Pemerintah Gampong Paloh Gadeng, Pengurus dan Anggota Karang Taruna Rincong Pusaka, serta masyarakat Gampong Paloh Gadeng. Prestasi ini bukan hanya milik kami, namun milik kita semuanya,”ungkapnya.(*).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...