example banner

oleh

Jamban Baru Untuk Kakek Gumun

example banner

example banner

Laporan | Syawaluddin

KUALASIMPANG (MA) – Kakek Gumun 63 tahun, warga kecamatan Manyak Payed, Kabuparen Aceh Tamiang, Aceh. Begitu panggilannya, sumringah saat dikunjungi kawan-kawan dari Komunitas Investasi Silaturrahmi Tamiang (IVSAT), yang membangun jamban baru untuk sang kakek.

Begitu kata, Humas Ivsat; Muliadi pada mediaaceh.co.id, Senin, 11 Januari 2021 di Karang Baru. Bahwa kegiatan sosial yang diberi nama “11th Social Project Youth Camp January 2021” di Kampung Bandung, Kecamatan Manyak Payed-Aceh Tamiang.

Kegiatan tersebut adalah Agenda bulanan IVSAT yang sasaran kegiatan nya itu untuk lansia ataupun lanjut usia yang di laksanakan setiap satu bulan sekali.

Pada Pertengahan Desember 2020 kemarin, Tim Survey dari IVSAT melakukan survey lokasi ke rumah warga di Kampung Bandung dan mendapatkan rumah tujuan dari kegiatan kami yaitu dengan membangun jamban sederhana di rumah kakek Gumun (69 Tahun) kecamatan Manyak Payed kabupaten Aceh Tamiang.

Muliadi selaku Humas IVSAT Mengatakan, Jamban yang di bangun di rumah kakek Gumun lantaran pada saat survey pada rumah kakek tersebut sangat prihatin dan belum ada Jamban nya untuk membuang air besar Sementara jika ingin membuang hajat/air besar Kakek Gumun beserta istrinya terpaksa Harus pergi ke Parit yang ada di belakang rumahnya dan jarak nya lumayan jauh sekitar ± 500 meter.

“Untuk itu tim Ivsat yang juga di bantu Perangkat desa kampung bandung membuatkan jamban sederhana, didasari kepekaan tim bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya

Ketua Ivsat, Surya Darma mengatakan, proses pembuatan jamban untuk Kakek Gumun memakan waktu selama dua hari Sabtu-Minggu. Pada kegiatan ini mereka tidak menggunakan jasa tukang bangunan, karena secara kebetulan anak-anak IVSAT lulusan teknik Sipil sehingga banyak yang mengerti soal konstruksi bangunan.

“Selama ini kegiatan kami fokus ke konstruksi. Dari kegiatan IVSAT Pertama hingga Sebelas selama ini lebih identik dengan pembuatan jamban dan renovasi rumah. Tapi ada juga kegiatan bagi-bagi sembako membantu ekonomi warga yang rentan di masa pandemi,” ujar Surya.

Menurut Tgk.Ilyas Selaku Sekjen KPA Wilayah Aceh Tamiang mengatakan “kegiatan sosial yang seperti ini sangat perlu dan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang kurang mampu untuk menerima nya Dan sampai sangat ini KPA wilayah Aceh Tamiang sangat mendukung kegiatan ini dan KPA wilayah Tamiang berharap kepada jajaran yang ada di lapangan agar dapat membantu kegiatan-kegiatan sosial yang seperti ini,” ujar Tgk Ilyas sebagai sekjen KPA wilayah Aceh Tamiang.

“Dan harapan kepada pemerintah daerah untuk lebih sigap dalam melihat kondisi masyarakat di lapangan yang belum tersentuh tangan atau bantuan dari pemerintah,”.

Aman Syawal. P selaku Sekdes kampung Bandung, sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan IVSAT, membangun jamban pada rumah kakek Gumun.

Semoga kegiatan tersebut terus berlanjut kedepan untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan dari Ivsat. Dan harapannya ada komunitas-komunitas yang lain mencontoh kegiatan sosial yang di lakukan komunitas IVSAT ini. (*)

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..