EKBIS  

Harga Bawang Merah Melonjak di Pasar Inpres 

Pasar Inpres Tapaktuan dalam kondisi sepi, pasca Idul Fitri 1445 H/2045 M, di Pasar Inpres itu harga bawang meningkat.(Foto/mediaaceh.co.id/istimewa).

TAPAKTUAN (MA) Harga komoditas bawang merah di sejumlah pasar di Aceh Selatan, dilaporkan, Minggu, (21/4), mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Menurut keterangan, kenaikan harga bawang tersebut terjadi sejak sepekan lalu, tepatnya setelah Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Di antaranya, Pasar Inpres Tapaktuan yang merupakan pusat pasar di Aceh Selatan, harga bawang kampung mencapai Rp.70 Ribu/Kg, sedangkan sebelumnya Rp. 40 Ribu/Kg.

Bawang Bombay, dari Rp. 35 Ribu/Kg, menjadi Rp. 50 Ribu/Kg.

BACA JUGA...  Soal PT. Medco, Pemuda Aceh di Jakarta Ikut Bicara

Menurut salah seorang pengecer M. Saleh, (50), kenaikan barang kebutuhan dapur tersebut dipicu oleh kenaikan harga yang diberlakukan oleh pedagang pemasok.

Namun, di tengah kenaikan harga bawang, justeru harga cabai merah mengalami penurunan menjadi Rp. 45 Ribu/Kg dari sebelumnya mencapai Rp. 60-70 Ribu/Kg.

“Hanya harga bawang merah saja yang  melonjak tinggi, sementara untuk harga barang pokok lain, seperti cabai, tomat dan lain-lain masih terjangkau,” kata M. Saleh.

BACA JUGA...  Di Tahun 2024, Bank Aceh Salur KUR Rp. 1.5 Triliun untuk Dukung Usaha Rakyat 

Dia menunjuk, harga  kentang, masih stabil  antara Rp.19 Ribu-Rp. 20 Ribu/Kg.

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Aceh Selatan melalui Kabid Perdagangan Dalam Negeri Mahzar, mengakui kenaikan sejumlah jenis komoditas sayur mayur.

“Kondisi pasar pasca lebaran belum normal, sehingga sejumlah komoditas cenderung mengalami kenaikan dan beberapa ke depan diperkirakan normal kembali,” katanya.(Maslow Kluet).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *