oleh

H Bakhtiar Resmi Dilantik Sebagai Ketua Apdesi Peusangan Selatan

Laporan | Iqbal

Bireuen (MA) – Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bireuen Bahrul Fazal M. Puteh secara resmi mengukuhkan serta melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Kecamatan APDESI Peusangan Selatan periode 2020-2025, acara berlangsung di Aula Kantor Kecamatan setempat, Kamis (18/2).

APDESI Kecamatan Peusangan Selatan diketuai oleh H. Bakhtiar merupakan Keuchik Gampong Ceubrek, Sekretaris diisi oleh M. Said Sekdes Gampong Mee Reyeuk dan Bendahara dijabat oleh Keuchik Gampong Suak sementara untuk Bidang-bidang lainnya akan disisi oleh sejumlah Keuchik dari berbagai Desa di Kecamatan Peusangan Selatan Bireuen.

Acara pengukuhan yang ditandai dengan penyerahan Pataka APDESI oleh Bahrul Fazal kepada Ketua DPK terpilih tersebut turut disaksikan oleh Camat, Kapospol, Danramil, Mukim, tokoh masyarakat sejumlah Keuchik dan perangkat Desa di Kecamatan Peusangan Selatan serta Sekretaris APDESI Kabupaten Busyra.

Ketua APDESI Bireuen Bahrul Fazal dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan Baru DPK APDESI Peusangan Selatan, dirinya berpesan kepada pengurus DPK APDESI Peusangan Selatan agar selalu bisa menjaga kekompakan dengan saling berkoordinasi satu sama lain demi kemaslahatan dan kemajuan pembangunan ditengah masyarakat Pusangan Selatan.

“Saya berharap dengan kepengurusan baru ini sehingga dapat mengayomi para Keuchik dan perangkat pemerintah Desa Se-21 Desa dalam Kecamatan Peusangan Selatan, dengan tetap mengedepankan asas musyawarah dan mufakat serta transparan dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi ditengah disetiap internal Pemdes maupun dalam masyarakat,” terangnya Bahrul Fazal sebagai pesan atau masukan

Selanjutnya Bahrul Fazal juga meminta para Keuchik maupun segenap perangkat Pemerintah Desa, agar saat setiap mengambil kebijakan di desa masing-masing dengan selalu berpedoman terhadap Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan aturan ketentuan hukum yang berlaku serta petunjuk teknis lainnya ataupun petunjuk pelaksana dalam pengelolaan sistem keuangan Pemerintah Desa baik dari DD (APBN) dan ADG (APBK Bireuen) tidak boleh menabrak ketentuan hukum yang berlaku.

“Semenjak ada Dana Desa dari Pemerintah Pusat semua mata publik, tertuju kepada Keuchik dan Perangkat Desa, namun jika dalam pelaksanannya selalu berpedoman pada UU yang ditetapkan pemerintah, Insya Allah kita semua akan selamat dan tidak ada yang perlu ditakuti dalam menjalankan tugas sesuai kewenangan dan aturan hukum yang berlaku,” terang Bahrul Fazal Keuchik Cot Bada Kecamatan Jeumpa itu.

Dirinya meminta kepada pengurus APDESI agar bisa membangun sinergitas dan komunikasi dengan berbagai pihak dan Muspika, pendamping Desa dan selalu melakukan komunikasi dengan APDESI Kabupaten jika ada potensi permasalahan yang perlu di diskusikan.

“Kita sangat yakin dibawah kepemimpinan Tgk H. Bakhtiar, Insya Allah bisa mampu memajukan APDESI Peusangan Selatan, karena peran aktif ketokohan beliau yang sudah teruji dan terbukti, juga merupakan sesepuh Kabupaten Bireuen yang sudah sangat berpengalaman, selain itu beliau juga pernah menjabat Keuchik selama 30 Tahun, Mukim 2 periode, Tgk H. Bakhtiar juga salah satu Tokoh Pemekaran dari Peusangan,” sebut Bahrul Fazal.

Sedangkan Ketua DPK APDESI terpilih Tgk H. Bakhtiar menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan mandat beban baru kepada dirinya oleh rekan rekan Pemerintah Desa dibawah APDESI Peusangan Selatan, karena telah dipercayakan untuk memimpin para Keuchik dan perangkat Pemdes di Kecamatan Peusangan Selatan khususnya.

“Ini merupakan tugas beban yang berat yang saya pikul, namun dengan kebersamaan. Insya Allah melalui musyawarah serta bantuan para pengurus lainnya saya haqqul yakin untuk tetap optimis semuanya akan lebih mudah dan ringan bila sama sama kita pikul,” kata H Bakhtiar.

Sementara itu Camat Peusangan Selatan Muhammad Nasir Bin Muhammad Yusuf S.Sos juga menyebutkan komitmennya untuk terus mendukung kepengurusan DPK APDESI Peusangan Selatan dengan harapan dapat membantu saling koordinasi dalam melancarkan kerja-kerja Pemerintahan Desa.

“Kita berharap dengan kepengurusan APDESI baru ini, agar kedepan sesuia tupoksi masing masing dapat menjalin suatu bekerjasama dalam memajukan Peusangan Selatan agar lebih baik kedepan,” pungkasnya Camat M. Nasir. (*).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..