EKBIS  

Endi: Kita Olah Limbah dari Batok Kelapa Jadi Hiasan, Siapa Yang Berminat Bisa Pesan

Lampu hiasan dari limbah batok kelapa.

ACEH UTARA (MA) Endi, seorang Guru PPPK SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara berbakat, kembali menghadirkan inovasi baru dengan mengolah limbah batok kelapa menjadi berbagai macam hiasan unik.

Produk-produk kreatif yang dihasilkan Nandi tidak hanya menambah nilai estetika, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Dalam wawancara eksklusif, Senin, (3/6) Endi menjelaskan bahwa idenya berawal dari keprihatinannya terhadap banyaknya limbah batok kelapa yang terbuang sia-sia. “Di sekitar kita, limbah batok kelapa sangat melimpah dan sering kali dianggap sebagai sampah. Padahal, jika diolah dengan kreatif, batok kelapa bisa menjadi barang bernilai seni tinggi,” ujar Endi.

BACA JUGA...  Pj Bupati Mahyuzar Terima Hasil Bantuan Teknis RDTR dari Kementerian ATR/BPN

Produk-produk yang dihasilkan oleh Nandi meliputi berbagai macam hiasan rumah, seperti lampu hias, dinding, peralatan rumah tangga seperti mangkuk dan sendok. Setiap produk dibuat dengan teliti dan penuh kreativitas, sehingga memiliki keunikan tersendiri.

“Saya menggunakan teknik ukir dan lukis untuk menciptakan motif-motif yang menarik pada batok kelapa. Proses pembuatannya memang memakan waktu, tapi hasil akhirnya sangat memuaskan,” ujar Endi.

Cerek dari batok kelapa.

Selain menjual secara lokal, Endi juga membuka peluang bagi siapa saja yang ingin memesan produknya dari luar kota. “Kami menerima pesanan khusus dan siap mengirimkan produk kami ke berbagai daerah di Indonesia. Jadi, siapa pun yang berminat bisa langsung menghubungi kami untuk melakukan pemesanan,” katanya.

BACA JUGA...  Kankemenag Aceh Selatan Bantu Madrasah dan Warga Korban Banjir Bandang Trumon

Inisiatif Endi dalam mengolah limbah menjadi produk bernilai tinggi ini mendapatkan banyak apresiasi dari masyarakat. Dengan semangat dan inovasinya, Endi berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk berkreasi dengan bahan-bahan yang ada di sekitar mereka, sekaligus membantu menjaga kelestarian lingkungan.

Lampu hias dari batok kelapa.

Bagi yang tertarik dengan produk-produk Endi atau ingin memesan secara langsung, dapat menghubungi melalui media sosialnya yang dibawah ini.

BACA JUGA...  Aceh Ikut Meriahkan Indonesia Expo - Jeddah

Kontak Media:

Endi Darmawan, S.Pd

Email: [email protected]

Telepon: 081264693499

WhatsApp: 081264693499

Facebook: Endy Darmawan

Instagram: rosnita.nita.3762

Tik tok : @endy.darmawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *