Calon Ketua KNPI Gayo Lues Diragukan Keabsahannya Secara Undang-undang

  • Bagikan

 143 total views,  1 views today

Calon Ketua KNPI Gayo Lues Diragukan Keabsahannya Secara Undang-undang

BLANGKEJEREN (MA) – Bakal Calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Gayo Lues masa bhakti 2021 – 2024. Diragukan keabsahannya berdasarkan Undang-Undang nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan. Terkait batas usia maksimal.

Mukhtaruddin, SE. MAP. saat mendaftarkan diri sebagai calon ketua KNPI kabupaten Gayo Lues masa bhakti 2021-2024. (Foto : Istimewa/mediaaceh.co.id/dok).

Pernyataan itu disampaikan Praktisi Hukum; Maripatua Purba, SH. Terkait dibuka dan ditutupnya pendaftaran Calon Ketua KNPI Kabupaten Gayo Lues oleh panitia dibuka pendaftaran Rabu, 8 September – dan ditutup Kamis, 9 September 2021 pada pukul 21.00 WIB malam.

Protes keras dilayangkan Purba pada wartawan. Jumat, 10 September 2021 di Blangkejeren. Dia mengatakan seharusnya yang harus maju jadi Ketua KNPI itu ada orang-orang yang dianggap sebagai Tokoh Pemuda dan juga mempunyai syarat sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku.

“Jika kita Tinjau dari Undang-undang RI nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Pada pasal 1 Undang-Undang ini yang dimaksud dengan: 1. Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan Perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun,” jelas Purba.

Begitu juga jika ditinjau dari segi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD RT) KNPI, disebutkan batas maksimal usia hanya 40 tahun.

Dikatakan; apalagi dengan adanya calon tunggal, sangat melukai hati tokoh pemuda yang ada dikabupaten Gayo Lues, seharusnya yang berhak mencalonkan diri adalah para pemuda yang usianya produktif dan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. [Syawaluddin].

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...