oleh

TNI-AL dan TNI-AD Bersama Pemko Sabang Laksanakan Bakti Sosial

Sabang, (ADC) – TNI-AL Lanal Sabang dan TNI-AD Kodim 0112/Sabang bekerjasama dengan Pemko Sabang, laksanakan bakti sosial berupa pelayanan Keluarga Berencana Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (KB-MKJP) Selasa (17/04/18) di Rumah Sakit TNI-AL Lilipory Sabang.

Pelaksanaan bakti sosial TNI-AL dan Kodim 0112/Sabang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemko) yaitu, melalui Dinnas Kesehatan dengan pelayanan KB MKJP gratis bagi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) KB Hj Fatimah Zainab, dalam sambutannya mengatakan, secara umum tujuan dari program Keluarga Berencana adalah meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak dalam rangka mewujudkan keluarga kecil yang bahagia.

Sejahtera yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran, sekaligus dalam rangka menjamin terkendalinya pertumbuhan penduduk di Indonesia., kata Hj Fatimah Zanab

Dijelaskan, kalau dilihat secara khusus KB-MLJP adalah menurunkan angka kelahiran kasar setiap tahunnya, maka untuk mencapai tujuan tersebut program KB diarahkan untuk dua sasaran.

Misalnya, sasaran langsung yaitu dengan pemakaian kontrasepsi pada PUS (Pasangan Usia Subur) secar bertahap menjadi peserta KB yang aktif.

Dan secara tidak langsung yang mendukung program KB, diantaranya organisasi organisasi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tentunya berbagai pihak yang turut mendukung., jelasnya.

Sementara kepala Rumah sakit TNI AL J. Lilipory Mayor laut (K) Al Ali Lubis, menambahkan masalah kependudukan atau juga sering dinamakan dengan keluarga berencana, seperti diketahui bahwa saat ini telah terjadi banyak sekali pernikahan muda, yang mana salah satu faktor yang menjadi cikal bakal adanya masalah volume kependudukan yang terus meningkat pada tiap tahunnya.

Dengan keputusan menikah dini akan berdampak pada tingkat tingginya kelahiran yang dipicu, sebagai akibat masih suburnya organ reproduksi wanita pada usia dini.

Jadi dengan adanya hal itu maka sudah di pastikan akan memberikan kesempatan yang jauh lebih banyak lagi untuk mereka mendapatkan anak yang lebih di badingkan dengan mereka yang menikah dengan umur yang memang sudah di tetapkan Undang-Undang.

Dengan pernikahan dini yang di lakukan oleh banyak pasangan yang ada maka sudah di pastikan maka ini akan menghambat program KB yang telah sejak lama di canangkan pemerintah sebagai upaya antisipasi dari adanya laju pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi di Indonesia.

Maka dari itu bisa jadi, dengan adanya rencana KB ini akan memberikan banyak sekali manfaat bagi yang menjalankannya dimana dengan pernikahan dan jumlah anak yang telah di rencanakan sejak dini maka ini akan memberikan dampak berupa ketenangan di masa depan karena semua sudah teratur dengan pas dan tepat, sebut Mayor Al Ali Lubis.

Walikota Sabang yang diwaliki Asisten I Pemeri tahan Pemko Sabang Andri Norman, dalam pidatonya menyampaikan terselenggara kegiatan ini, penghargaan yang tulus disampaikan kepada kepala BKKBN perwakilan Aceh TNI-AL, TNI-AD dan Dinas Kesehatan dan KB Kota Sabang yang telah bekerja keras dalam mengsukseskan kegiatan bakti sosial ini.

Kegiatan bakti sosial laksanakan ini kami sebagai wujud dan upaya peningkatan kedekatan batin dan ikatan silaturahmi dengan masyarakat dan sebagai bentuk dari kepedulian kita, terhadap kondisi kesehatan masyarakat terutama sekali masyarakat kota Sabang dengan adanya kegiatan bakti sosial ini diharapkan akan timbul kesadaran masyarakat akan pentingnya KB dan mendukung sepenuhnya program Keluarga Berencana., katanya.

Untuk itu lanjut Andri Norman, melalui kegiatan bakti sosial ini akan memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi kesehatan masyarakat yang lebih baik kedepannya terutama permasalahan pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang metode ini adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat calon akseptor KB mkjp untuk meningkatkan kualitas peserta KB dan derajat kesehatan ibu., ujarnya.

Komandan Kodim 0112/Sabang yang diwakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Yudha, menerangkan kegiatan KB kesehatan ini merupakan program dari pemerintah daerah, dan juga di laksanakan dalam rangka bakti sosial TNI tahun 2018..

Dengan terlaksananya KB kesehatan ini diharapkan kepada seluruh Akseptor untuk mengikuti acara ini, dengan serius karena program ini merupakan suatu program dari pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga., terang Kasdim.(Jalal)

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..