oleh

Tinjau Gudang Dinsos Dan Cek Isi Paket

Darul Imarah (MA)-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 DPRK Aceh Besar meninjau Posko Gugus Tugas Covid-19 Dinas Sosial terkait Pendataan Penerima Manfaat, Gudang Dinsos Hingga Tinjau Penyaluran Bantuan Covid-19 oleh Pemda Aceh Besar kepada Pemerintah Kecamtan Darul Imarah, Pada Senin (04/05/2020) lalu.

Dalam peninjauan tersebut, Satgas Covid-19 DPRK Aceh Besar diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jamaluddin, S.Sos dan pejabat teras dinas tersebut.

Kepada rombongan Satgas Covid-19, Kadis Sosial, Jamaluddin, S.Sos menjelaskan tentang penerima bantuan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Pemerintah Pusat telah menyurati kabupaten dan kota tentang data masyarakat miskin dan yang layak menerima bantuan,” ujar Jamaluddin.

Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, S.Pd usai mendengar penjelasan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar menyampaikan jumlah penerima bantuan bansos di Aceh Besar.

“Sebelumnya bansos pusat ada 6O orang sekarang sudah turun satu. Selain itu, ada juga Bansos Provinsi dan bantuan Bansor Kabupaten,” ujar Iskandar Ali.

Masukan penting lainnya juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Bakhtiar, ST terkait celah supaya masyarakat miskin yang tidak menerima bantuan apapun dapat dicari jalan keluar.

“Kalau ada masyakarat yang tidak dapat, dapat dimasukan ke dalam data penerima sembako,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah memberikan bantuan sosial atau Bansos untuk meringankan beban warga. masyarakat yang sebelumnya mendapatkan bantuan PKH tetap mendapatkan bantuan tersebut. Demikian pula para penerima bantuan sembako yang tetap akan mendapat bantuan sembako. Selain itu ada bantuan baru bernama bantuan sosial tunai yang sekarang sudah mulai dicairkan.

“Kalau data PKH kan tidak mungkin kita rubah, karena harus diurus ke Pusat, tapi kalau (data) bantuan sembako kan bisa dan tidak akan dabel, sehingga masyarakat terdampak dapat menerima bantuan,” ujar anggota DPRK dari Partai Aceh, Djuanda Djamal memberi masukan.

Selesai berdiskusi dengan Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jamaluddin, Tim Satgas Covid-19 DPRK Aceh Besar melihat langsung persediaan bantuan di gudang milik Dinas Sosial.

“Kita ingin melihat kesiapan Dinas Sosial dalam menghadapi  Covid-19. Selain itu, kita juga ingin melihat isi paket sembako yang akan diberikan kepada masyarakat, isiny apa saja,” terang Iskandar Ali.

Ketua DPRK Aceh Besar ini selanjutnya mengatakan, pihaknya selalu mengingatkan pemerintah dan dinas terkait untuk jujur dan amanah dalam menyalurkan bantuan.

“Kita selalu mewanti-wanti untuk tidak main-main dengan bantuan ini, sudah banyak uang masyarakat untuk dialihkan ke bantuan Covid,” pungkas politisi PAN ini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..