oleh

Sebut Ikan Kaleng Bercacing Sehat, Politisi Muda Aceh Sesalkan Sikap Menkes RI

Banda Aceh (ADC) – Politisi Muda Nasri Saputra menyesalkan pernyatan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek yang menilai temuan cacing parasit dalam makanan kaleng jenis makarel bukanlah satu hal yang berbahaya.

“Cacing itu sebenarnya isinya protein,” ujar Nila ketika ditemui sebelum Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/3).

Menurut Nasri, pernyataan Mentri tersebut terlalu tergesa – gesa, seharusnya Menkes mendorong para peneliti untuk mengkaji secara ilmiah apakah cacing parasit itu berbahaya atau tidak, ini malah mengeluarkan pernyataan yang bertolak belakang.

Nasri menambahkan, jika pun secara kesehatan cacing tersebut tidak berbahaya, tapi secara kehalalan apakah cacing itu halal untuk dikonsumsi, seharusnya Menkes berkoordinasi terlebih dahulu dengan MUI ( LPPOM MUI ) dan BPOM, ini malah mengeluarkan pernyataan yang di anggap terlalu murahan dan terkesan cuci tangan.

“Oke, secara kesehatan tidak berbahaya, tapi secara kehalalan apakah bisa dijamin halalnya”. Tanya Nasri Minggu 01 April 2018.

Kasus temuan cacing parasit dalam makanan kaleng jenis makarel terungkap setelah BPOM menemukan 16 produk ikan makarel impor dan 11 produk dalam negeri mengandung cacing. (r)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..