Pj Bupati Haili Yoga dan Rombongan Sambangi Perpunas RI di Jakarta

Pj Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M. Si saat di Perpunas RI bersama timnya.

JAKARTA (MA) Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukur, S.Pd., M.Pd. melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpunas RI), kemaren, Kamis (14/9).

Kedatangan Haili Yoga disambut oleh Kepala Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Dr. Adin Bondar, M.Si didampingi oleh Ketua Kelompok Kerja Pengembangan Perpustakaan Umum, Nurhadi Saputra, S.Sos., M.Si.

Selanjutnya, mewakili Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Pertemuan itu, berlangsung di ruang rapat Deputi 2, Gedung B Lantai 1, Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya No. 28 A, Jakarta Pusat.

Pada pertemuan itu, Haili Yoga mengemukakan tujuannya menyambangi Perpunas RI untuk beraudiensi rangka sinkronisasi program dan sinergi dalam pengembangan dan kemajuan perpustakaan di Bener Meriah dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat dan Gerakan Literasi Nasional yang merupakan program unggulan pemerintah pusat melalui Perpusnas.

BACA JUGA...  Ayah Wa Salurkan Bantuan kepada Korban Kebakaran di Baktiya

Menurut Haili Yoga, perpustakaan juga memiliki peran dan fungsi dalam pencegahan stunting dan kemiskinan karena ada korelasi yang positif bila orang tua yang memiliki pengetahuan tentang ilmu gizi dan memahami pola asuh anak serta mendidik anak yang didapatkannya melalui membaca.

“Dapat dipastikan anaknya tidak akan stunting, demikian juga dengan kemiskinan, tentu yang memiliki ilmu, kreativitas dan inovasi serta bersungguh-sungguh dalam bekerja dapat dipastikan tidak akan menjadi keluarga yang miskin,” ungkapnya.

BACA JUGA...  Rapat Paripurna DPRA Bahas Kelengkapan Dewan Hingga Penyerahan Aset Kepada Kejati Aceh

Untuk itu, lanjut Haili Yoga, dibutuhkan sumber bacaan dan sumber literasi melalui perpustakaan, sehingga perlu diperkuat dan mengembangkan perpustakaan melalui sinkronisasi program dan bantuan Perpusnas.

Kepala Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Dr. Adin Bondar, M.Si, menyebutkan, langkah yang ditempuh Pj Bupati Bener Meriah tersebut sudah sangat tepat sehingga pihaknya siap membantu pengembangan dan penguatan perpustakaan umum di Bener Meriah. “Dukungnya melalui berbagai program, kebijakan dan bantuan lainnya,” kata Adin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bener Meriah, Sukur menyebutkan kunjungan ke Perpusnas, merupakan tindak lanjut dari komunikasi dan koordinasi yang dilakukan sebagai salah satu bukti nyata kepedulian pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan di Bener Meriah.

BACA JUGA...  PUPR Bersama PII Gelar Seminar dan Pelatihan Jasa Kontruksi

“Kita berharap, melalui bantuan Perpusnas Rl, baik bantuan fisik melalui DAK maupun bantuan lainnya dapat meningkatkan pelayanan literasi kepada masyarakat,” sebut Sukur. (Abd Rahman).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *