oleh

Pemko Sabang Tata Pedagang di Kawasan Wisata KM Nol

Sabang (ADC) – Guna terlihat rapi dan indah Pemerintah Kota (Pemko) Sabang, akan menata pedagang di kawasan wisata tugu Kilo Meter Nol (KM-0) Indonesia.

Hal tersebut tertuang dalam rapat penataan yang dilakukan Pemko Sabang dengan pedagang kawasan wisata KM-0 di Star Bungalaw Gampong Iboih Kecamatan Sukakarya Kota Sabang Rabu (07/03/18).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sabang Drs. Zakaria MM, serta dihadiri Dandim 0112/Sabang diwakili Kasdim Mayor Inf Yudha Setiawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Ir Jamini, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) M Ali Taufik, Babinsa dan Babinkamtibmas berjalan lancar.

Sekda Kota Sabang Zakaria dalam tersebut mengatakan dilakukan bagi kepentingan pedagang disekitaran wisata KM-Nol, agar pedagang menjaga kebersihan di KM-Nol karena kawasan wisata tugu KM-Nol merupakan salah satu tujuan para wisatawan utama dan paling diincar pengunjung.

Karena, kebersihan merupakan syarat yang harus diutamakan dalam segi tata kelola daerah wisata. Selain itu, kebersihan juga merupakan bahagian dari iman.

Di negara manapun tetap mengutamakan kebersihan karena kebersihan sangat diutamakan penting dimanapun daerah yang menjadi tujuan wisata.

Salah satu contoh di Wakatobi, disana nerupakan tujuan wisata yang cukup bersih begitu juga tempat-tempat wisata lainnya. Oleh karenanya khusus di sepuataran tugu KM-Nol harus bersih., katanya.

Ditambahkan, para wisatawan yang datang ke Sabang banyak yang mengatakan kebersihan diseputaran tugu KM-Nol. tidak tertata dengan baik, maka dari itu mari sama-sama dibertanggung jawab baik Pemerintah Daerah maupun masyarakat setempat agar mengutamakan kebersihan dilingkungan wisata, meskipun yang membuang sampah itu para wisatawan atas ketidak sengajaan wajib bagi para pedagang disekitaran tugu KM-Nol memungutnya dan menyampaikan kepada wisatawan agar jangan membuang sampah sembarangan.

Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam membantu Pemerintah untuk menjaga kebersihan ditempat-tempat yang dianggap strategis dan sering dikunjungi para wisatawan.

Negara-negara yang mampu menurunkan angka kemiskinan seperti Arab Saudi, Nalaysia dan negara lainnya sebagainya adalah tempat tempat pariwisatanya sangat bersih dan kedepan tidak menutup kemungkinan tempat-tempat wisata yang ada di Sabang jadi idola prima dimata dunia.

Plt Kadisbudpar Kota Sabang M Ali Taufik menyampaikan selama ini kawasan wisata tugu KM-Nol kurang tertata dengan baik, diharapkan kepada masyarakat pedagang di lokasi itu agar selalu menjadikan kebersihan sebagian hal yang sangat penting dalam hidupnya.

“Kawasan wisata tugu KM-Nol kurang tertata termasuk kebesihan ligkungan, kita berharap kepada pedagang di kawasan itu untuk selalu menjaga kebersihan, sehingga wisatawan yang datang betah berlama-lama berada disitu”.; ujarnya.

Semenytara itu, Dandim 0112/Sabang, yang wakili Kasdim Mayor Inf Yudha Setiawan mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan masukan-masukan kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat yang sedang berhalangan terkait tata kelola kebersihan tempat tempat wisata yang ada di Kota Sabang.

Titik KM-Nol kerap dibersihkan bekerja sama antara Kodim 0112/Sabang dengan rekan-rekan Yayasan Teurawah. Namun, jika diamati kebersihan diseputaran tugu KM-Nol belum tertata dengan baik karena masih banyak terdapat sampah organik yang berserakan.

Untuk itu, perlu kesadaran dari masyarakat yang berjualan diseputaran kawasan wisata tugu KM-Nol lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kebersihan jika hanya dilaksanakan dengan omong-omong saja tidak akan berjalan, bahkan beribu-ribu orang mengatakan bersih bersih jika tidak ada kesadaran dari masing masing individu kebersihan tidak akan berjalan dengan semestinya.

Diharapkan bagi para pedagang seputaran tugu km nol agar jangan membuang sampah sembarangan buanglah sampah pada tempatnya agar para wisatawan meniru perbuatan kita bersih bersih, bila perlu dibuat pamplet-pamplet bertuliskan jangan membuang sampah sembarangan apabila kedapatan membuang sampah sembarangan akan didenda, tulisan tersebut untuk mengingatkan dan memberi efek jera bagi yang tidak mau menjaga kebersihan.

TNI khususnya TNI-AD dalam hal ini Satuan Kodim 0112/Sabang jika ada pekerjaan yang melibatkan instansi, maka kami siap dan dengan ringan tangan membantu selagi itu bersipat positif guna membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan serta kepentingan bangsa dan negara.(Jalal).

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..