Nurmiaty : Pelatihan Menjahit Upaya Mempertahankan Warisan Budaya

example banner

 170 total views,  1 views today

Banda Aceh (ADC)- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh, berharap, melalui pelatihan menjahit tas yang diselenggarakan di BLK Disnaker Banda Aceh ini, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

banner 325x300

Harapan ini disampaikan Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh, Nurmiaty saat melihat langsung pelatihan menjahit yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas tenaga kerja (Disnaker) di Gampog Lamjabat, Kecamatan Meuraxa Banda Aceh.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan, dapat memberikan semangat berwirausaha bagi perajin yang pada akhirnya dapat menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan juga sekaligus upaya mempertahankan warisan budaya yang ada di daerah kita,” ujar Nurmiaty dalam sambutannya, saat membuka pelatihan menjahit, Senin 22 Oktober 2018 pagi tadi.

Lanjut Nurmiaty mengatakan, kerajinan tangan berupa tas motif Aceh saat ini, cukup banyak diminati oleh para  konsumen, bahkan sudah menembus pasar internasional.

“Dari pengalaman selama mengikuti promosi tingkat nasional, produk tas motif Aceh banyak diminati konsumen, bahkan kerajinan tangan kita mampu menembus pasar internasional,” ungkap Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua panitia pelaksana kegiatan pelatihan menjahit ini, Fauziah mengatakan. Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, berjumlah 10 orang perajin yang akan dibagi dalam dua angkatan.

“Untuk angkatan pertama, akan dilaksanakan pada 22 Oktober hingga 3 November 2018. Sedangkan untuk angkatan kedua kedua, akan diberikan pelatihan pada tanggal 4 hingga 17 November 2018 mendatang,” ujar Fauziah seraya menyebut pelatihan menjahit tas motif Aceh tersebut, dipantau langsung proses pelaksanaannya oleh pengurus Dekranasda Kota Banda Aceh. (Ahmad Fadil)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...