Menteri Pertanian RI : Keberhasilan Sektor Pertanian Akan Terwujud Apabila Ada Dukungan Dari Pemerintah.

Gubernur Aceh memukul Rapa'i sebagai tanda dibukanya PEDA-KTNA Aceh2016| Foto Ndar
Pemukulan Rapa’i sebagai tanda dibukanya PEDA-KTNA Aceh 2016| Foto Ndar

Banda Aceh | AP- Keberhasilan pembangunan sektor Pertanian dan Kelautan akan terdicapai apabila ada dukungan dari instansi Pemerintahan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Staf ahli Bidang Lingkungan Ir Mukti Sarjono, M.Sc dan Sekjen KTNA Nasional  Ir Yadi Sofyan Noor SH dalam sambutannya pada acara pembukaan Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan Aceh (PEDA-KTNA) Aceh 2016 yang digelar di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya Kota Banda Aceh pada Sabtu (23 Juli 2017).

Yadi Sofyan mengatakan bahwa keberhasilan dari sektor pertanian dan kelautan akan tercapai apabila ada dukungan dari pihak Pemerintah, lembaga keuangan, industri, lembaga pemasaran, dan dukungan lembaga penelitian serta pengembangan pertanian.

BACA JUGA...  Gubernur Aceh Tunjuk Almuniza Kamal Jadi Plt Kadisbudpar Aceh

Yadi Sofyan memaparkan sesuai dengan tema yaitu “Melalui PEDA KTNA 2016 Aceh kita mantapkan kelembagaan Petani-Nelayan untuk menyukseskan Penas KTNA XV 2017” yang terpilih Aceh sebagai tuan rumah Penas ke-XV dalam musyawarah utama Penas-KTNA XIV yang lalu yang digelar di Kabupaten Malang Jawa Timur.

Ia melanjutkan diperkirakan pada acara PENAS KTNA ke XV 2017 nantinya akan dihadiri oleh sekitar 50.000 peserta PENAS di Provinsi Aceh.

“hal tersebut bisa menjadi manfaat bagi masyarakat Aceh pada umumnya dan khusunya bagi para Petani dan Nelayan dalam bidang bisnis dan ini merupakan pergelaran terbesar pada kegiatan Penas-KTNA dibandingkan Provinsi lain” paparnya

Hal tersebut membuktikan bahwa petani nelayan adalah kekuatan bangsa yang tetap konsisten dan terus berupaya bersama Pemerintah membangun kemandirian.

BACA JUGA...  Ditangkap KPK, Gubernur Aceh Diperiksa di Polda

Yadi Sofyan berharap pada pihak Pemerintah agar lebih fokus membantu para petani dalam mengatasi segala permasalahan yang ada. “baik dalam penerapan teknologi tepat guna yang adaptif dengan perubahan iklim, penyediaan sarana produksi, pendampingan pengendalian OPT, permodalan dan pasca panen serta stabilitas harga hasil pertanian.

Pada kesempatan tersebut ia juga mendoakan pada Allah SWT agar kesejahteraan para petani, makin ke depan dan semakin baik.

Sementara Ketua KTNA Aceh Drs. H. Zakaria Affan dalam sambutannya juga mengatakan bahwa  untuk memantapkan kinerja pertanian dan perikanan di Aceh yang merupakan  pelaku agrobisnis dalam penilaan terhadap pertanian di Aceh memang sangat diperlukan dukungan dari berbagai pihak.

Pada kesempatan tersebut Zakaria juga sangat berharap para pertanian dan nelayan di Aceh bisa berupaya dan belajar kemandirian terhadap ketahanan pangan seperti yang telah  dicanagkan oleh Presiden RI Jokowi Dodo.

BACA JUGA...  KAPPRA: Kong Kali Kong Petinggi Curangi Dana APBA

karena menurutnya masyarakat merupakan pelaku pertanian dalam membangun usaha dan keahliannya baik dibidang kelautan dan perikanan  maupun kehutanan.pungkasnya.(Ndar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *