Mantap Sekali LKBN Antara dan Pemko Sabang Lakukan Transplantasi Terumbu

Pj Wali Kota Sabang bersama para pemimpin LKBN Antara foto bersama pada kegiatan transplantasi tumbu karang.

Sabang, (MA) – Perum LKBN ANTARA menyelenggarakan transplantasi terumbu karang di kawasan Iboih dan Pulau Rubiah, Kota Sabang, sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk menggelorakan merawat lingkungan bawah laut tetap asri dan indah yang dimulai dari Nol Indonesia.

Adapun total bibit terumbu karang yang ditanam sekitar 160 bibit dari delapan modul.

Dalam hal ini, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi sangat mengapresiasi program TJSL Perum LKBN ANTARA dengan melakukan kegiatan pelestarian terumbu karang tersebut.

“Lewat program ini terumbu karang akan terus lestari, terjaga dan akan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati wisata bawah laut Sabang,” kata Reza Fahlevi, Selasa (15/08/2023) di Sabang.

Pj Wali Kota Sabang juga berharap lewat jejaring yang tersebar di seluruh Tanah Air dan mancanegara, Perum LKBN ANTARA membantu mempromosikan wisata Sabang.

BACA JUGA...  YARA Pertanyakan Kewenangan SKK Migas, Pertamina Publikasi Hasil Migas Aceh 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Perum LKBN ANTARA Akmad Munir menjelaskan Perum LKBN ANTARA memiliki komitmen tinggi untuk mendukung kemajuan pulau-pulau terdepan di Tanah Air khususnya Kota Sabang yang menjadi salah satu destinasi unggulan.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Perum LKBN ANTARA mendukung kebangkitan dan kemajuan pariwisata di Nol Kilometer Indonesia yakni Sabang,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut merupakan kerja sama antara pihaknya, Rubiah Tirta Divers dan Pemerintah Kota Sabang.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Perusahaan LKBN Antara Azhari, Kepala LKBN Antara Biro Aceh Febrianto Budi Anggoro, Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, unsur Forkopimda Kota Sabang, masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

“Sabang merupakan destinasi para penggemar diving dan telah dikenal wisatawan mancanegara,” kata Akmad Munir.

Karenanya lewat kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut dapat merawat terumbu karang semakin cantik, indah dan nyaman sehingga menjadi penarik bagi wisatawan untuk berwisata ke Sabang.

BACA JUGA...  Ada apa Dengan Proyek Irigasi Tripa Jaya

Pihaknya juga berharap dengan program TJSL Perum LKBN ANTARA tersebut dapat memberikan manfaat dalam pelestarian dan merawat terumbu karang di kawasan Iboih dan Pulau Rubiah.

“Mari kita bersama-sama merawat destinasi wisata khususnya terumbu karang sehingga dengan alam terjaga wisata semakin maju dan bangkit,” tambah Direktur Utama Perum LKBN ANTARA itu.

Perum LKBN ANTARA akan terus mengkampanyekan destinasi wisata sehingga pariwisata akan menggeliat dan menambah lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Direktur Rubiah Tirta Diver Ismayudi Dodent mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Perum LKBN ANTARA yang memilih transplantasi terumbu karang dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Menurutnya, pemilihan kawasan Pulau Rubiah, Iboih, Kota Sabang sebagai lokasi transplantasi terumbu karang, karena kawasan laut tersebut juga sangat terdampak saat tsunami Aceh 2004.

BACA JUGA...  Lantik Ribuan PPS, Ketua KIP Bireuen : Bekerjalah Sesuai UU KPU

Pihaknya berharap kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut perlu dilakukan secara terus menerus, sebagai upaya untuk merawat lingkungan bawah laut dan menjaga keindahan laut Sabang.

“Kami berharap program seperti ini bisa terus berlanjut dari Perum LKBN ANTARA. Ini kolaborasi yang baik, yang patut kita lanjutkan,” tutupnya. (Jalaluddin Zky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *