example banner

oleh

Lanal Sabang Panen Padi Hidroganik dan Ikan Air Tawar

example banner

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (MA) – Dalam rangka mendukung ketahanan wilayah khususnya pangan, Lanal Sabang melaksanakan panen padi hidroganik dan ikan air tawar, bertempat di dermaga Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Lanal Sabang, Senin (21/12/20) di Komplek Dermaga Lanal Sabang.

Pada panen perdana tersebut dihadiri Walikota Sabang Nazarudin, S.I.Kom beserta jajaran yakni Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Kadis Pariwisata Kota Sabang. Selain itu juga turut dihadiri oleh segenap FKPD dan tokoh masyarakat Kota Sabang.

Dalam sambutannya Danlanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr.Hanla mengatakan bahwa Budidaya Padi hidroganik ini merupakan implementasi dari salah satu Perintah Harian Kepala Staf Angkatan, Laksamana TNI Yudo Margono dalam perintah hariannya yakni “Jaga Kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Instistusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara”.

“Program ini penting dilakukan untuk mendukung ketahanan pangan wilayah kota Sabang khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Dengan harapan, dapat diikuti masyarakat petani pengembangannya” kata Danlanal Sabang.

Danlanal menjelaskan, budidaya padi hidroganik ini memanfaatkan pipa paralon bekas yang terhubung dengan pompa akuarium kecil untum mengalirkan air Kolam ke pipa media tanam padi diatasnya. Hal ini cukup berhasil mengingat dalam waktu tiga bulan sepuluh hari seluruh tanaman padi telah siap panen.

“Selain panen padi kami juga melaksanakan panen budidaya ikan mas dan ikan nila yang memang dibudidayakan secara bersamaan dengan padi hidroganik diatasnya, terang Danlanal.

Sementara Walikota Sabang Nazaruddin, S.I.Kom menyampaikan, apresiasi kepada Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, SE, M.Tr, Hanla dan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut atas terselenggaranya panen padi hidroganik ini.

Karena ini merupakan salah satu bentuk terobosan dan inovasi yang positif bagi Kota Sabang mengingat Sabang berada di P.Weh yang masih bergantung pada daratan Aceh khususnya di bidang pangan khususnya beras, mengingat di Kota Sabang tidak memiliki Sawah., kata Walikota.

Diharapkan, program inovasi baru yang dicangangkan KASAL ini akan menjadi harapan baru pula masyatakat tani Kota Sabang, tentunya dengan dukungan semua pihak dan kerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Sabang, sehingga Sabang yang tidak memiliki persawahan dan lahan ladang tanam padi kini dapat ditanam diatas air.

“Harapan kami program ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan dalam mendukung kemandirian pangan Kota Sabang, kepada masyarakat tani kiranya dapat belajar dari Lanal Sabang. Kemudian Dinas Pertanian juga harus mendukung dan bekerjsama dalam pengembangannya., tutup Walikota Sabang.(*).

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..