Kata Mustakim, Rotasi Hanya Penyegaran Jabatan Saja

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Aceh Tamiang. dr. Mustakim, MKes. spDLP. Ketika menyerahkan SK tugas yang baru bagi Kapus dan Plt Kapus. Rabu, 23 Agustus 2023 di Karang Baru.

Kata Mustakim, Rotasi Hanya Penyegaran Jabatan Saja 

KUALASIMPANG | mediaaceh.co.id – Rotasi [Pertukaran Jabatan] tak lebih hanya sebagai penyegaran atas jabatan yang diemban sebagai tanggung jawab regulasi.

Agar semua personal manajemen leadership [Kepala Puskesmas (Kapus)] dapat dikembangkan sesuai dengan kearifan lokal yang berada di kecamatan para pemangku jabatan dalam wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang.

Begitu dilapor Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Aceh Tamiang. dr. Mustakim, MKes. SpDLP pada wartawan media cetak dan elektronik di ruang kerjanya, usai melakukan rotasi jabatan dilingkungan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Aula Dinkes. Rabu, 23 Agustus 2023.

“Artinya, kita sedang mempersiapkan mereka [Kapus] untuk meningkatkan mutu pelayanan agar mampu bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan secara fleksibel,” jelas Mustakim.

BACA JUGA...  Bank Aceh Luncurkan Fitur Baru Ationcash, Tarik dan Setor Tanpa ATM 

Di samping melakukan tata kelola Puskesmas juga harus mampu mempersiapkan rencana strategi sebagai upaya standar pelayanan minimal yang sesuai dengan ketentuan berlaku.

Juga kemampuan manajerial laporan keuangan, karena; merupakan esensi dari tingkat kemampuan kerja terbaik. “Kaitan tersebut kita memberikan kesempatan adanya suatu transformasi yang disesuai dengan kebutuhan pada tatanan layanan yang ada di masyarakat,” paparnya.

Sekali lagi Mustakim menegaskan bahwa; rotasi diartikan lebih seperti tersebut di atas. Dia mencontohkan, sebagian dari pemangku jabatan ada yang diangkat dan ada dialihkan menjadi pejabat sesuai dengan kriteria, analisa jabatannya.

Dijabarkan Mustakim bahwa; jabatan kepala Puskesmas itu merupakan jabatan tambahan dan bukan jabatan utama. “Jangan nanti dianalogikan bahwa saya harus jadi Kapus, kan tidak bisa seperti itu, sebab ada kendala-kendala yang harus kita jembatani secara integrasinya antara Puskesmas dengan Dinas Kesehatan, seperti programnya harus komprehensif dan berjalan sesuai dengan standar pelayanan,” katanya.

BACA JUGA...  43 Siswa Lulusan Hafiz Qur'an, Satunya Anak Sekda Aceh Utara

Dikatakan bahwa; rotasi itu bukan menunjukkan apa yang sudah ditunjukkan dan apa yang sudah diemban, tetapi lebih kepada kriteria kontribusi yang luas, tenaga dan pikiran dalam menjalankan program yang ada.

Mustakim berharap, apa yang sudah dilakukan hanya penyegaran pemangku jabatan sebagai leadership. “Dan ini nama-nama yang saya rotasi, hendaknya bisa bekerja secara proporsional dan profesional,” harapnya.

Ini dia nama dan jabatan yang di rotasikan.

1. Irwansyah, S.K.M diangkat menjadi Kepala UPTD Puskesmas Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang; 2. Nuraini, S.K.M, diangkat menjadi Kepala UPTD Puskesmas Sapta Jaya.

BACA JUGA...  Mendagri Surati Gubernur Aceh Untuk Mencabut SK Pelantikan Pejabat Pasca Pilkada

3. Beny Wahyudi, S.Kep, diangkat menjadi PLT Kepala UPTD Puskesmas Bendahara; 4. Lena Ambryana, S.K.M, diangkat menjadi PLT Kepala UPTD Puskesmas Karang Baru dan 5. Risnawati, S.Kep, PLT, diangkat menjadi PLT Kepala UPTD Puskesmas Manyak Payed. [Syawaluddin].

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *