oleh

Danramil 09/Seuneudon Hadiri Acara Kenduri Blang di Merbo Puntong

Aceh Utara (MA) – Koramil 09/Seuneudon dipimpin oleh Danramil Lettu Inf Mustafa beserta 5 orang Babinsa menghadiri acara kenduri blang turun kesawah yang bertempat di Desa Merbo Puntong, Kecamatan Seunedon, Aceh Utara, Senin (22/09/2020).

Untuk diketahui, adat budaya Kenduri blang merupakan sebuah tradisi turun temurun dilakukan sebelum turun ke sawah. Bisa dikatakan, suatu upacara ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Aceh sebelum terjun ke sawah untuk bercocok tanam.

Agar kegiatan berlangsung khidmat dan mendapatkan keberkahan, terlebih dahulu dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang selanjutnya penyampaian kata sambutan dari Ketua Kelompok tani.

“Acara kenduri blang kita lakukan setiap hendak turun ke sawah, sama-sama kita berdo’a agar padi terhindar dari serangan hama dan nantinya memperoleh hasil yang melimpah,” ucap Yusra.

Sementara, Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Arm Oke Kistiyanto SAP menyampaikan melalui Danramil 09/Seuneudon Lettu Inf Mustafa akan terus memberikan pendampingan kepada petani sehingga tujuan dapat tercapai target tanam dan hasilnya juga nanti maksimal.

“Kita terus memberikan pendampingan kepada petani, apalagi Desa Merbo Puntong termasuk salah satu tempat penghasil padi yang banyak di Kabupaten Aceh Utara,” ungkap Danramil.

Dirinya mengharapkan, petani Desa Merbo Puntong bisa lebih semangat dan terus termotivasi untuk meningkatkan aktifitas bercocok tanam di berbagai hamparan sawah yang ada, pungkasnya.(Syd).

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..