Dandim 0119/BM Bersama Forkopimda dan Tim Gabungan Tinjau Galian C 

Dandim 0119/BM dan Forkopimda serta tim Gabungan turun ke lokasi Galian C di Kecamatan Weh Pesan, Bener Meriah.

REDELONG (MA) Komandan Kodim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan SE.M.Han, bersama Tim Gabungan (jajaran Forkopimda dan Forkopimcam) mengecek sejumlah Galian C di wilayah Desa Wih Pesam pada hari Kamis (7/3 ) pukul 10.15 WIB, lalu.

Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan SE.M.Han saat dikonfirmasi, Minggu (10/3) membenarkan. Ia, bersama jajaran Tim Gabungan dan Forkopimda serta Forkopimcam melakukan pengecekan ke lokasi tempat galian C di seputaran kecamatan Wih Pesam, tepatnya di bawah kaki gunung Berapi Burni Telong yang berstatus masih aktif.

Adapun hasil pengecekan tersebut, Ino, selaku Dandim, menyampaikan, dari 6 titik galian C tersebut masih ditemukan kegiatan galian yang belum sesuai dengan norma pelestarian lingkungan serta potensi kelemahan administrasi yang masih belum tegas seperti ketentuan kedalaman kegiatan galian, komitmen konservasi alam dan lain-lain. Ditambah lagi lokasi galian C tersebut bersebelahan dengan kesatrian TNI yakni Mako yonif 114/SM serta berada di jalur evakuasi bencana letusan Gunung Merapi Aktif dalam konsep mitigasi bencana di wilayah Kabupaten Bener Meriah.

BACA JUGA...  Safari Ramadan, Pj. Cut Syazalisma Bantu Pembangunan Masjid 

Bahkan, katanya, ada beberapa lokasi yang sengaja ditinggalkan oleh penambang ilegal serta memberikan dampak kerugian besar terhadap alam apabila tidak diberikan tindakan tegas oleh Pemerintah.

Selanjutnya, Dandim menyebutkan bahwa Kodim akan terus mendukung upaya Pemda Bener Meriah dalam melaksanakan proses lanjutan melalui rapat terpadu berdasarkan kegiatan pemeriksaan di lapangan oleh tim gabungan ini untuk menghasilkan suatu konsepsi yang tepat dan akurat guna menutup celah administratif terhadap upaya oknum terkait yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat Bener Meriah.

BACA JUGA...  Lanal Sabang Juarai Lomba Dayung Kodam IM

Dalam sidak tersebut turut hadir Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan S.E.M.Han, Asisten Dua Pemkab Bener Meriah, Kepala Staf Kodim 0119/BM Mayor Inf M.Indra S., Asisten 2 Bener Meriah Sayutiman., Kepala DPMPTSP Abd Kadir ST,. M.Si, Kadis Lingkungan Susnaini, S.Ag,  Pjs.Pasi Intel Kodim 0119/BM Letda Inf Dodi Kurnia, Kasat Reskrim Polres BM Iptu Jeffriyandi, S.Tr.K.,S.I.K, Perwakilan Staf Dinas PU Kab.BM, Anggota Polres BM, Anggota Unit Makodim, Staf Dinas Lingkungan Hidup BM dan Staf Dinas PU Bener Meriah. (AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *