Sosok Aduen Mukhlis Calon Bupati Aceh Besar dengan Sederet Prestasi 

H. Mukhlis Basyah (Aduen Mukhlis) Calon Bupati Aceh Besar dari Partai Aceh.

ACEH BESAR (MA) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024 sudah di depan mata. Beberapa tahapan pun sudah mulai berjalan seperti pendaftaran calon kepala daerah dari jalur independent (perseorangan) yang sudah dibuka sejak 5 Mei lalu.

Pilkada serentak 2024 akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, untuk memilih calon Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, dan Wali Kota-Wakil Wali Kota periode 2024-2025. Sejumlah nama di daerah masing-masing kini telah muncul untuk maju dalam Pilkada serentak ini.

Kabupaten Aceh Besar, misalnya. Sejauh ini sudah muncul beberapa nama besar yang akan maju di Pilkada 2024, salah satunya adalah H. Mukhlis Basyah atau yang akrab disapa Aduen Mukhlis.

Munculnya nama Aduen Mukhlis dalam bursa pencalonan Bupati Aceh Besar periode 2024-2029 ini menarik diulas.

Pasalnya, Aduen Mukhlis bukanlah pendatang baru dalam dunia perpolitikan Aceh Besar. Aduen Mukhlis bisa dibilang pemain lama yang kembali turun gunung mewarnai ‘pesta rakyat’ edisi Pilkada Aceh Besar 2024.

Sebagai pemain lama, Aduen Mukhlis tentu saja memiliki banyak rekam jejak yang dapat diakses sebagai referensi dalam mengenal calon pemimpin yang akan dipilih nantinya.

Pada kesempatan ini, awak media mencoba mengulas sosok dan rekam jejak Aduen Mukhlis, bakal calon Bupati Aceh Besar periode 2024-2029. Ulasan ini mungkin bisa menjadi sumber informasi bagi masyarakat Aceh Besar dalam menentukan calon pemimpinnya di Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Sosok Aduen Mukhlis, bagi masyarakat Aceh Besar yang sudah mengikuti pemilihan calon Bupati-Wakil Bupati sejak edisi periode 2012-2017, tentu saja tidak asing lagi dengan sosok Aduen Mukhlis. Ya, Aduen Mukhlis yang memiliki nama resminya H. Mukhlis Basyah adalah mantan pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sekaligus tokoh penting di internal Partai Aceh (PA), yang merupakan partai lokal terbesar di Serambi Mekkah yang lahir dari rahim perjuangan GAM pasca perjanjian damai MoU Helsinki 2005 silam.

Aduen Mukhlis lahir pada 18 Mei 1971 di Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar. Lam Ara Tunong merupakan sebuah kampung di kaki bukit barisan Kemukiman Samahani.

Aduen Mukhlis menghabiskan masa kecilnya di Samahani dengan menyelesaikan Sekolah Dasarnya di SD Samahani pada tahun 1984.

BACA JUGA...  Mahasiswa Salah Sangka Saat Fachrul Razi Datang, Ternyata Ini Penyebabnya

Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga ia selesaikan di tempat yang sama yakni SMP Samahani. Lulus pada tahun 1987, Aduen Mukhlis melanjutkan Sekolah Menengah Atas (SMA) ke Banda Aceh dan bersekolah di SMA Mugayatsyah.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA pada tahun 1991, Aduen Mukhlis melalang buana merantau dari satu daerah ke daerah lainnya, ke Jakarta, Tanjung Pinang, hingga Malaysia.

Di Negri Jiran ini lah Ideolagi Aceh Merdeka yang memang sudah tertanam sejak masih SMA, semakin membara di benak Aduen Mukhlis.

Ideologi Aceh Merdeka tertanam kuat di benak Aduen Mukhlis setelah berkumpul dengan orang-orang Aceh yang terkait Aceh Merdeka. Di sini juga Aduen Mukhlis ikut menyuplai senjata membantu perjuangan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Singkat cerita, setelah dideportasi kembali ke Indonesia (Aceh) tahun 1996, Aduen Mukhlis semakin terlibat dalam perjuangan GAM.

Setelah perjanjian damai antara RI-GAM tahun 2005, para pejuang GAM berhimpun dibawah organisasi Komite Peralihan Aceh (KPA) dan membuat Partai Lokal (Parlok) yaitu Partai Aceh (PA) sebagai kendaraan perjuangan politiknya. Aduen Mukhlis sendiri yang diusung sebagai Bupati Aceh Besar pada Pilkada 2012 keluar sebagai pemenangnya.

Ya, Mukhlis Basyah alias Aduen Mukhlis merupakan seorang tokoh pejuang GAM yang pernah menjabat sebagai Bupati Aceh Besar periode 2012-2017. Selama lima tahun menjabat Bupati Aceh Besar, Aduen Mukhlis telah melakukan banyak hal dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Aceh Besar.

Era kepemimpinan Aduen Mukhlis di Aceh Besar juga berhasil menyabet berbagai penghargaan skala Provinsi dan Nasional.

Setelah menyelesaikan masa tugasnya lima tahun, Aduen Mukhlis tidak maju lagi pada Pilkada Aceh Besar 2017. Numun kali ini Aduen Mukhlis turun gunung untuk maju kembali sebagai calon Bupati Aceh Besar periode 2024-2029 pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pencalonan Aduen Mukhlis kini telah menjadi perbincangan luas di kalangan masyarakat Aceh Besar, spanduk dan baliho Aduen Mukhlis sebagai calon Bupati Aceh Besar juga sudah terpampang dihampir setiap sudut wilayah Aceh Besar. Pencalonan Aduen Mukhlis kembali benar-benar mendapat antusiasme masyarakat Aceh Besar.

Melihat posisi Aduen Mukhlis sebagai tokoh besar di kalangan eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan jabatan saat ini sebagai Ketua KPA (Komite Peralihan Aceh) Wilayah Aceh Rayek serta memiliki power di internal DPP Partai Aceh (PA), sudah bisa dipastikan Aduen Mukhlis akan dicalonkan oleh Partai Aceh sebagai Bupati Aceh besar periode 2024-2029.

BACA JUGA...  Ajak Wartawan Minum Kopi, Abdullah Puteh: Semua Sama, Tak Ada Titipan

Pencalonan Aduen Mukhlis juga didukung penuh oleh pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PA Aceh Besar. Hal ini dibuktikan saat Aduen Mukhlis mendaftar ke DPP Partai Aceh turut didampingi/diantar langsung oleh Ketua DPW PA Aceh Besar, Hasballah, dan jajaran pengurusnya.

Dengan dukungan penuh dari Pengurus DPW PA sampai akar rumputnya, ditambah dukungan masyarakat yang terus mengalir, membuat sosok Aduen Mukhlis seperti “seorang panglima yang terlahir kembali”. Dengan kata lain, sambutan hangat sekaligus dukungan kuat dari partai dan masyarakat yang terus mengalir, membuat sosok Aduen Mukhlis patut diperhitungkan sebagai salah satu kandidat terkuat untuk memenangkan Pilkada Aceh Besar 2024.

Prestasi Aduen Mukhlis Saat Menjabat Bupati Aceh Besar.

Seperti telah disinggung di atas, H. Mukhlis Basyah alias Aduen Mukhlis bukanlah pendatang baru di dunia perpolitikan Aceh Besar. Aduen Mukhlis adalah Bupati Aceh Besar periode 2012-2017. Sebagai pemain lama, tentu saja rekam jejaknya bisa ditelusuri untuk dijadikan bahan informasi dan perbandingan.

Lantas, apa yang telah dilakukan Aduen Mukhlis selama menjabat Bupati Aceh Besar periode 2012-2024?. Adakah prestasi yang mengharumkan nama Aceh Besar? Berdasarkan penelusuran SinarPost.com dari berbagai sumber yang tersebar di internet dan media sosial, berikut sederet pencapaian atau prestasi Aduen Mukhlis saat memimpin Aceh Besar 2012-2024:

Meluncurkan Program Beut Al-Qur’an Bakda Magrib.

Meraih Predikat Opini WTP 5 Kali Bertrut-turut.

Meraih Investment Award dari BKPM Pusat Tahun 2012.

Juara Umum MTQ Ke-31 Tingkat Provinsi Aceh di Kota Subulussalam Tahun 2013.

Juara Umum Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-6 di Taman Ratu Safiatuddin, Bnada Aceh, Tahun 2013.

Menerima Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Cukup Baik dari Menpan RB Indonesia tahun 2013.

Mampu Memperbaiki Prestasi Ujian Nasional Aceh Besar Secara Drastis, dari Peringkat 19 Provinsi Menjadi Peringkat 6 Tahun 2013.

Mampu Membawa Pulang Rp. 47 Milyar Anggaran APBN untuk Pembangunan 21 Pasar Kecamatan.

Mampu Membawa Pulang APBN Rp. 90 Milyar Lebih untuk Membuat Jalan Seulimeum, Lamteuba hingga ke Lampanah Leugah.

BACA JUGA...  Panwaslih Abdya Siap Terima Aduan Masyarakat Terkait DCS, Rizwan: Hingga Saat Ini Belum Ada Laporan

Mendapat Penghargaan SIKOMPAK AWARD Tahun 2014.

Juara Umum Apresiasi PTK PAUDNI se-Aceh Tahun 14.

Peringkat ke-3 PORA XIITahun 2014 di Aceh Timur.

Pengoperasian Institut Seni dan Budaya Indonesia di Kota Jantho Tahun 2014.

Juara Expo Hari Krida Pertanian Ke-43 Provinsi Aceh yang Dilaksanakan di Aceh Besar tahun 2015.

Juara Umum Expo ternak se-Aceh Tahun 2015 di Aceh Tengah.

Juara II Festival Garam Nasional Tahun 2015 di Jawa Timur.

Juara III MTQ Ke-32 Provinsi Aceh Tahun 2015 di Nagan Raya.

Menerima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Nasional untuk Rincong dan Rumoh Aceh dari Kemendikbud RI Tahun 2015.

Menerima Anugerah Dana Raksa dari Pemerintah Pusat di Jakarta Tahun 2016.

Juara Umum POPDA XIV Provinsi Aceh di Kota Langsa Tahun 2016

Juara Umum Expo Ternak se-Aceh Tahun 2016 di Banda Aceh.

Mampu Mengantar Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Sebagai Juara I Lomba Desa se-Aceh Tahun 2016.

Meraih Penghargaan Pembina Olahraga Berprestasi pada Peringatan HAORNAS Tahun 2016.

Pengadaan kendaraan roda empat untuk seluruh Camat di Aceh Besar.

Pengadaan kendaraan roda dua untuk seluruh Imuem Mukim dan Keuchik di Aceh Besar.

Demikian profil singkat dan rekam jejak Aduen Mukhlis dengan sederet prestasi yang diraihnya saat memimpin Aceh Besar periode 2012-2017. Akankah Aduen Mukhlis kembali memimpin Aceh Besar? Hanya waktu yang bisa menjawab!.

Jika melihat popularitas dan prestasinya saat menjabat, dan pencalonannya kembali telah menarik perhatian banyak pihak, termasuk dukungan masyarakat luas yang terus berdatangan, banyak pihak menilai bahwa Aduen Mukhlis akan mampu memenangkan Pilkada Aceh Besar 2024 andai tak salah dalam memilih sosok Wakil-nya.(R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *