Sawit Salah Satu Pendongkrak Ekonomi di Aceh Barat

  • Bagikan

 82 total views,  2 views today

Sawit Salah Satu Pendongkrak Ekonomi di Aceh Barat

Mediaaceh.co.id – (Aceh Barat), Pernyataan dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Barat Daya, sawit merupakan salah satu komoditas penyumbang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah setempat.

Nasruddin selaku Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya membeberkan Salah satu pendongkrak ekonomi masyarakat Abdya yakni dengan produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit dari kebun rakyat di dua kecamatan khususnya Kecamatan Babahrot, dan Kecamatan Kuala Batee, di Blangpidie pada Kamis 19/08/21.

Jelasnya perkembangan cukup signifikan untuk pengembangan sawit terutama di Kecamatan Babahrot dan Kecamatan Kuala Batee.

Baca juga: Pasaran Cabai Merah di Banda Aceh Meningkat

Ia menerangkan bahwa total luas kebun sawit rakyat Abdya saat ini ada sekitar 20 ribu hektar dengan rincian sekitar 16.740 hektare tanaman menghasilkan dan sisanya 3.260 hektare Tanaman Belum Menghasilkan.

Ada pun rata-rata produksi sawit di kabupaten itu yakni mencapai 1.200 ton per hari, imbuhnya.

Bila dikalkulasikan harga dijual petani saat ini sekitar Rp 1.500 per kilogram, maka pemasukan uang masyarakat dari produksi sawit mencapai Rp1,8 milyar per hari atau Rp54 milyar per bulan, katanya.

Tamba Nasruddin, Itu belum lagi dari hasil komoditi lain seperti pinang, pala, jengkol, karet dan tanaman padi sawah luasnya mencapai 8.299 hektare yang kini tengah memasuki musim panen.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...