example banner

oleh

Perilaku Diet Sehat Begini Caranya

example banner

example banner

OPINI Oleh | Rizki Fadilah Harahap

Diet sering disalahartikan oleh kebanyakan orang yang dimaknai dengan menahan lapar atau bahkan tidak makan sama sekali agar terhindar dari kegemukan dan mengharapkan penurunan berat badan dalam waktu yang singkat.

Jika pemaknaan dari arti diet saja sudah salah, maka akan berakibat kesalahan juga dalam pola penerapannya, sehingga hasil yang didapatkan pun tidak sejalan dengan yang diharapkan, bahkan dapat berdampak negatif pada tubuh.

Pengurangan porsi makan atau bahkan puasa berlebihan merupakan pengertian diet yang masyarakat artikan pada umumnya, pengaturan variasi makanan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh merupakan salah satu komponen penting yang dapat menentukan keberhasilan dari diet.

Pola diet yang tidak sesuai akan keseimbangan gizi dapat menyebabkan seseorang kekurangan vitamin dan mineral yang penting. Akibat dari kekurangan gizi itu seseorang dapat mengalami malnutrisi dan dapat muncul beragam gejala lainnya.

Menurut WHO, diet sehat itu merupakan kombinasi konsumsi dari berbagai macam makanan, mulai dari sayuran dan buah, produk gandum, kacang-kacangan serta sumber protein hewani (daging,telur,ikan,susu) dan nabati (umbi-umbian) yang seimbang. Perlu diiringi juga dengan membatasi konsumsi gula,garam,lemak, yang merupakan hal penting dalam menjaga pola diet yang sehat.

Manfaat Diet.

Diet tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan saja, ada banyak hal yang merupakan manfaat dari diet, diantaranya :

– Diet dapat menghasilkan berat badan yang ideal.
– Dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
– Berguna untuk menyeimbangkan pola makan sehari-hari.
– Dapat memperlancar pencernaan.
– Dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Pola makan yang teratur dengan diet dapat memenuhi asupan gizi yang baik sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit.

Rekomendasi tentang Diet Sehat.

Rekomendasi dalam melaksanakan diet sehat yang dianjurkan oleh WHO :

– Menjaga berat badan sehat. Disarankan agar menjaga berat badan agar tetap ideal dan hindari peningkatan berat badan yang signifikan.
– Makan teratur dengan menu dan porsi seimbang.
Selalu makan diwaktu yang tepat. Makan 3x sehari adalah salah satu langkah dalam pola makan sehat. Selalu makan dengan porsi yang tidak berlebihan.
– Konsumsi makanan yang kaya gandum utuh, sayur, buah dan biji-bijian. Konsumsi makanan yang mengandung minimal 30 gram serat, konsumsi makanan yang bersumber dari penanaman langsung dan menghindari konsumsi makanan yang mengandung tepung tinggi.
– Membiasakan diri sarapan pagi
Sarapan pagi sangat bermanfaat bagi tubuh. Bagi orang dewasa sarapan pagi dapat memelihara kesehatan fisik, mempertahankan daya tahan tubuh ketika sedang beraktivitas dan dapat meningkatkan produktivitas dalam berkegiatan.
– Membatasi konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, kaya tepung maupun tinggi gula. Konsumsi gula atau minuman yang berpemanis disarankan tidak lebih dari 400mg/hari.
– Membatasi konsumsi gula, garam dan lemak.
Anjuran konsumsi gula per orang dalam sehari setara dengan 50 gram atau 4 sendok makan. Anjuran konsumsi garam per hari adalah 5 gram natrium atau setara dengan 1 sendok teh, serta anjuran konsumsi lemak per hari adalah 5 sendok makan.
– Membatasi konsumsi alkohol dan tidak mengonsumsi daging merah dan daging olahan lebih dari 3 porsi per minggunya atau setara dengan 350-500 gram.
– Perbanyak minum air putih
Anjuran minum air putih minimal 8-10 gelas setiap hari yang dapat melancarkan metabolisme tubuh serta membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
– Tidak menggunakan suplemen dengan dosis tinggi. Kebutuhan nutrisi disarankan melalui diet yang sehat dan proporsional.

Seimbangkan Diet Sehat dengan Olahraga.

Olahraga merupakan cara diet sehat alami yang dapat dilakukan dengan mudah, diet sehat tidak akan optimal tanpa melakukan olahraga. Setelah mengatur secara baik apa yang dikonsumsi, lanjutkanlah dengan rutin melakukan olahraga.

Olahraga rutin dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta dapat menurunkan risiko munculnya berbagai jenis penyakit. Tidak hanya itu, olahraga rutin juga dapat membakar kalori, meningkatkan keseimbangan dan jangkauan gerakan, memperkuat otot-otot tubuh, melindungi sendi serta dapat menguatkan tulang.

Beberapa olahraga yang disarankan dapat membantu mengiringi diet sehat diantaranya :

– Meningkatkan aktivitas fisik dirumah seperti menyapu, membersihkan rumah, dll.
– Bersepeda
– Jalan santai, jogging
– Senam
– Olahraga berat juga dapat dilakukan untuk membantu menyempurnakan diet sehat.

Beberapa Hal yang Harus Dihindari Saat Diet.

Dalam melaksanakan diet ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan diet sehat yang diinginkan, hal-hal yang harus dihindari saat diet adalah :

– Menahan lapar
Menahan lapar dapat menurunkan metabolisme dari tubuh yang kemudian akan memperlambat proses pembakaran lemak, sehingga energi pun akan terkuran dan tubuh menjadi tidak fit dan lemas.
– Tidak sarapan
Sarapan merupakan waktu makan paling penting bagi tubuh setelah tidur tanpa asupan nutrisi, sehingga tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang didapat dari sarapan.
– Mengurangi asupan makan secara drastis
Mengurangi jumlah asupan makan secara drastis akan membuat tubuh kehilangan banyak energi sehingga mempengaruhi saat melakukan aktivitas.
– Diet tanpa konsultasi dokter
Pola makan yang berubah akan berakibat buruk bagi kesehatan jika tidak dipantau dengan baik. Berkonsultasi dengan dokter sangat disarankan sebelum memulai diet sehingga dapat mengontrol diet secara baik dan benar.
– Sembarangan mengonsumsi obat herbal untuk diet.

Meskipun herbal cenderung tidak ada efek samping yang dominan, tetapi dalam penggunaannya harus tetap diawasi dan tidak boleh sembarangan.(*).

Penulis : Rizki Fadilah Harahap,Fakultas Kedokteran, Prodi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Dibawah bimbingan Ibu Nuribadah, SH., MH.(KKN).

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..