Muspika Langkahan Bersama Masyarakat Basmi Hama Padi

Muspika Langkahan bersama masyarakat tani dan BPP Langkahan lakukan pembasmi hama padi di Gampong Kampung Blang, Kecamatan setempat.

LHOKSUKON (MA) Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Langkahan, Kabupaten Aceh Utara bersama masyarakat Gampong Kampung Blang, Rabu, (12/6) melakukan aksi gotong royong untuk membasmi hama yang menyerang tanaman padi. Kegiatan ini merupakan upaya bersama untuk menjaga kualitas dan kuantitas hasil panen padi di wilayah tersebut.

Plt. Camat Langkahan, Muzakir, SE, Kamis, (13/6) menyampaikan bahwa aksi ini adalah langkah nyata Muspika dalam mendukung para petani. “Kami melihat pentingnya peran aktif Muspika dalam membantu petani mengatasi masalah hama yang bisa mengancam hasil panen. Dengan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, kita berharap masalah hama ini bisa segera teratasi,” ujar Muzakir.

Seorang petani dari Gampong Kampung Blang, juga memberikan komentarnya. “Kami sangat bersyukur atas bantuan dari LPHP Peureulak BPTPHP Disbun Aceh yang langsung dibantu oleh petugas POPT Zulkifli, Muspika, Geuchik dan masyarakat lainnya. Serangan hama ini sangat mengkhawatirkan, tapi dengan adanya gotong royong seperti ini, kami merasa lebih tenang dan optimis bahwa tanaman padi kami bisa diselamatkan,” kata masyarakat tani tersebut.

BACA JUGA...  Wakili Aspirasi Kaula Muda, Oktavian Fauzan Siap Majukan Abdya

Kegiatan ini dimulai sejak pagi hari dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. Selain membersihkan lahan dari hama, para petani juga mendapatkan edukasi mengenai cara-cara penggunaan rajun untuk membasmi hama yang efektif untuk diterapkan di masa mendatang.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi keberlanjutan pertanian di Gampong Kampung Blang dan sekitarnya, serta meningkatkan kesejahteraan para petani setempat.

Dalam membasmi hama tersebut, kata Muzakir, turut turun langsung LPHP Peureulak BPTPHP Disbun Aceh POPT Zulkifli, dan pihak BPP Langkahan Murthadha.

BACA JUGA...  Mansurdin: SKPA Jangan Beralasan APBA Terhambat Karena Pokja ULP

“Mereka juga membantu metode pengendalian penyemprotan insektisida Montaf 400 SL,” kata Camat Langkahan. (Sayed Panton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *