oleh

Kodim 0112/Sabang Laksanakan Donor Darah

Sabang (MA) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 73 tahun 2020 pada hari Senin tanggal 28 September 2020, bertempat di Makodim 0112/Sabang melaksanakan kegiatan donor darah yang diikuti 100 orang peserta.

Hadir pada kegiatan HUT TNI ke 75 tersebut antara lain Wakil Walikota Sabang, yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Drs H Suradji Junus, Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E M.Tr. Hanla, yang juga Koordinator HUT TNI ke 75 Kota Sabang, Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, ST serta Danlanud MUS Letkol Pnb Daruyanto.

Selain itu juga turut hadir Kafasharkan Sabang Letkol Laut (T) Ivan Safari Kurniawan, Danlanudal Sabang Letkol Laut (T) Sunarto, Dansatrad 233 Sabang Letkol Lek Firmansyah. Kapolres Sabang diwakili Kabag Sumda AKP M Saefudin, Danramil 01 Sukajaya Sabang Mayor Inf Tatang dan Danramil 02 Sukakarya Sabang Mayor Inf Sholikin.

Kemudian juga hadir Sekretaris PMI Banda Aceh Didi Agustinus, Dr. Mutia Abdullah UDD PMI Kota Banda Aceh, Ketua Persit KCK Dim 0112 Sabang Ny. Istiyarto beserta pengurus Persit KCK Dim 0112/Sabang.

Koordinator HUT TNI ke 75 Kota Sabang Kolonel Laut (P) Agus Darmawan S.E M.Tr. Hanla menyampaikan, kehadiran kita disini dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke 75 untuk besinergi. Untuk itu, ada beberapa point yang perlu saya sampaikan bahwa HUT TNI ke 75 tahun ini berhubung situasi negara ada masalah yaitu Covid-19.

Maka dipoint-point yang sudah ada harus ditunda kegiatannya sampai masalah dinegara kita berakhir, tentunya mari kita berdoa, agar Covid- 19 cepat ditemukan obatnya, semoga indonesia bisa kembali pulih dan masyarakat dapat beraktifitas seperti sedia kala., kata Danlanal.

Tema hut TNI ke 75 sambung Danlanal “Untuk Bersinergi” maksud dari untuk bersinergi ini adlah sama juga dalam artian untuk bersama-sama dalam mempererat tali silaturahmi, menjalin kekompakan bersama, dalam situasi pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama menggunakan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan tetap mematuhi protocol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah. Dalam pelaksanaan memperingati HUT TNI ke 75 diadakan kegiatan donor darah dengan dikaitkan dengan pelaksanaan donor darah dimana kita membantu sesama dengan cara menyumbangkan darah dan manfaat donor darah itu juga sangat bermanfaat bagi kita dengan bergantinya sel-sel baru dalam tubuh kita., ujarnya.

Danlanal menambahkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI dalam mendukung program kemanusiaan melalui PMI, karena darah yang terkumpul nantinya akan kita sumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan darah Kota Sabang, terutama dalam suasana pandemic Covid-19 dimana tidak terlalu mudah mendapatkan pendonor dibanding dalam suasana normal, sementara kebutuhan darah untuk transfuse bagi pasien yang membutuhkan tetap ada bahkan cenderung meningkat. Semoga apa yang kita lakukan pada hari sangat bermanfaat bagi kita semua dan juga masyarakat Kota Sabang., harapnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Banda Aceh Didi Agustinus dalam sambutannya manyampaikan, donor darah ini sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kesehatan sekaligus membantu saudara-saudara yang sakit dan membutuhkan darah.

“Kami mewakili PMI Kota Banda Aceh mengucapkan Dirgahayu TNI ke 75 bersama rakyat TNI kuat”, ucapnya.

Ditambahkan, virus Covid-19 ini belum bisa disembuhkan buktinya teman-teman kita banyak yang terpapar virus Covid-19, siapapun yang terpapar Covid-19 masih bisa mendonorkan darahnya karena virus Covid tidak didarah, meskipun begitu kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak akan menerima pendonor yang terjangkit virus Covid-19.

“Donor darah menurut saya sangat bagus buat kesehatan tubuh manusia karena pembentukan sel sel baru didalam tubuh kita yang habis di donorkan darah kita dan mengeluarkan sel sel lama”, jelasnya.

Komandan Kodim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto,ST menerangkan, jumlah peserta yang ikut mendaftar menjadi peserta donor darah seluruhnya 100 orang peserta namun, tidak semuanya bisa ikut dikarenakan berbagai alasan dan kondisi maka, hasil dari donor darah dapat terkumpulkan sebanyak 68 kantong darah., kata Dandim.

Peserta yang ikut diantaranya personel Kodim 0112/Sabang 20 orang, Ibu Persit Kodim 0112/Sabang 5 orang, Personel Lanud MUS 11 orang, Personel Satrad 233 7 orang, Personel Polres Sabang 10 orang, Personel Lanal 6 orang, Personel Lanudal 5 orang, Personel Fasharkan 7 orang, Personel Satpol-PP 5 orang, P3AU 3 orang dan Terawah 3 orang., terang Dandim.

Semoga harap Dandim 0112/Sabang darah yang terkumpulkan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan karena darah itu harus selalu ada stok di PMI. (Jalal).

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..