oleh

Kemenkeu Berikan BLU Award Pada 3 RS Bhayangkara Berkinerja Terbaik

Jakarta (MA) – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan Badan Layanan Umum (BLU) Award kepada 3 Rumah Sakit (RS) Bhayangkara berkinerja terbaik.

Penghargaan diserahkan pada rangkaian acara pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Gabungan Puslitbang, Puskeu, Pusdokkes dan Pusjarah Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Tahun Anggaran 2020.

“BLU tadi diberikan penghargaan karena kita Kementerian Keuangan, sudah melakukan penilaian seluruh BLU rumah sakit di seluruh Indonesia.

Tidak hanya dari Kepolisian, tapi juga dari TNI, dari rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah pusat dan daerah, Kementerian Kesehatan semua dibenchmark berapa jumlah tenaga kesehatan, bagaimana outputnya dari sisi pelayanan dan tadi termasuk pengelolaan asset,” jelas Menkeu di Auditorium Perguruan Tinggi Kepolisian Indonesia (PTIK), Jakarta pada Kamis (20/02).

Menkeu berharap ada keseragaman dari seluruh BLU yang dikelola, misalnya di rumah sakit di Kepolisian agar dapat saling melihat mana yang bagus sehingga yang belum bagus bisa langsung mencontoh pada yang baik.

Hal tersebut diharapkan dapat makin meningkatkan kemampuan dalam melayani masyarakat dan membangun kualitas sumber daya manusia.

Tidak lupa Menkeu menekankan BLU bukan berorientasi mencari untung.

BLU bertujuan memperbaiki pelayanan yaitu mendapatkan revenue (penerimaan) untuk dikembalikan dalam bentuk pelayanan yang lebih baik.

“Saya tentu berharap seluruh jajaran dari Kepolisian Republik Indonesia termasuk BLU yang ada di bawahnya akan menjadi institusi yang ikut menjaga bagaimana Indonesia tidak hanya bertahan dari gejolak global ekonomi ini namun kita bahkan bisa terus maju.

Selamat melakukan rapat kerja dan selamat untuk mereka yang berprestasi dan selamat terus menjaga reputasi dan kepercayaan publik untuk Kepolisian Republik Indonesia dan badan-badan pelayanan umum di bawahnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi Penghargaan BLU Awards diberikan sebagai apresiasi kepada RS Bhayangkara yang memiliki produktifitas dan efisiensi terbaik atas kinerja dalam memberikan pelayanan kesehatan dan manajemen keuangan serta aset.

Adapun data yang digunakan untuk penghitungan efisiensi dan produktifitas adalah data BLU integrated online system dan laporan keuangan periode tahun 2019.

Berdasarkan hasil penghitungan RS Bhayangkara yang memiliki tingkat produktifitas pengelolaan BLU terbaik adalah RS Bhayangkara Bondowoso pada peringkat 1, peringkat 2 RS Bhayangkara Padang, peringkat 3 RS Bhayangkara Denpasar.(R).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..