oleh

Kecamatan Langsa Timur Laksanakan MTQ Ke-X

LANGSA (MA) – Kecamatan Langsa Timur,Kota Langsa,Aceh, menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- X tahun 2020 yang di buka secara resmi oleh camat Kecamatan Langsa Timur,Hendri Soenandar,S.STP, MSi, yang di laksanakan Lapangan Gampong (Desa) Alue Pineung Timur, Kecamatan Langsa Timur,Kota Langsa, Jum’at, 6 Maret 2020 malam.

Tampak hadir seluruh Para geuchik (Kepala Desa) dalam Kecamatan Langsa Timur, Kepala Urusan Agam (KUA),Kapolswk Langsa Timur, Danrami Langsa Timur,Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama serta Masyarakat setempat.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan kegiatan yang telah tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat Aceh. Kehadiran Musabaqah Tilawatir Qur’an (MTQ) senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat Aceh, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan keagamaan di daerah khususnya Kecamatan Langsa Timur.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- X tingkat Kecamatan Langsa Timur tahun 2020 ini memiliki nilai makna tersendiri sebagai penyejuk dan perekat kebersamaan masyarakat Kecamatan Langsa Timur. Disamping itu, tentu melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan Langsa Timur tahun 2020 dapat menyaring para qari-qariah terbaik untuk bisa ikut ditingkat yang lebih tinggi lagi.

Lantunan kalam ilahi yang menggema selama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ini diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana yang memberikan kesejukan bathin bagi masyarakat. Untuk itu juga, kegiatan ini dapat menjadi forum silaturahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam memperkuat rasa persaudaraan.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-X tahun 2020 Kecamatan Langsa Timur dengan mengambil tema “Melalui MTQ mari kita lestarikan khazanah budaya Islam dan membangun generasi Qur’ani bermartabat dan berakhlakul karimah.”.

Sejarah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) adalah telah ada di Indonesia sejak tahun 1940-an sejak berdirinya Jami’iyyatul Qurro wal Huffudz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia.

Sejak tahun 1968, saat Menteri Agama dijabat K.H.Muhammad Dahlan (salah seorang ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) MTQ dilembagakan secara nasional. MTQ pertama diselenggarakan di Makasar pada bulan Ramadhan tahun 1968.

Sebelum pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- X terlebih dahulu dilakukan pawai kafilah para peserta di sekitar arena yang meriah marchine Band dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kota Langsa. (Mustafa)

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..