Harga TBS Sawit di Subulussalam Aceh Naik

  • Bagikan

 52 total views,  1 views today

Harga TBS Sawit di Subulussalam Aceh Naik

Mediaaceh.co.id – (Ekonomi), Harga beli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat pabrik di Kota Subulussalam, Aceh, mengalami kenaikan. Yang sebelumnya Rp1.660 per kilogram kini menjadi Rp2.070 pe kilogram.

Kenaikan harga tersebut sudah terjadi sejak dua minggu terakhir, menurut info dari Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia Perjuangan Kota Subulussalam Subangun Berutu di Subulussalam, Minggu 22/08/2021.

Kenaikan harga TBS kelapa sawit saat ini dipengaruhi harga minyak sawit mentah CPO dunia. Kini harga CPO di kisaran Rp12.800 per kilogram, jelas Subangun Berutu.

Pada bulan juni lalu harga beli sawit di tingkat pabrik di Kota Subulussalam sempat anjlok di kisaran harga Rp1.660 per kilogram. Padahal saat itu, harga CPO juga di kisaran Rp12 ribuan, tutur Subangun.

Kini perlahan harga komoditi unggulan masyarakat di daerah berjuluk Sada Kata itu berangsur membaik, Dan Sebulan kemudian harga TBS sawit di tingkat pabrik dibeli dengan harga Rp1.900 per kilogram.

Sementara Harga beli di tingkat pengepul atau pemilik RAM sawit berkisar antara Rp1.670 sampai Rp1.750 per kilogram. Kami berharap harga terus naik agar kesejahteraan petani sawit semakin meningkat, pungkas Subangun Berutu.

Menurut Subangun Berutu faktor lain penyebab kenaikan TBS di antaranya nilai ekspor stabil dan penggunaan biodiesel 30 (B30) yang menyebabkan serapan CPO dalam negeri meningkat.

Peningkatan untuk biodiesel mengakibatkan kuota ekspor CPO berkurang yang membuat nilai atau harga CPO kepada dunia internasional meningkat menurut penjelasan Subangun Berutu.

Jika melihat CPO sekarang ini seharusnya pabrik bisa menetapkan harga TBS petani sekitar Rp2.200 per kilogram.

Dengan begitu harga TBS di tingkat petani ikut naik mencapai Rp 2.000 per kilogram, tutup Subangun Berutu di di Kota Subulussalam, Aceh pada minggu 22/08/21.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...