example banner

oleh

Badan Kesbangpol Kota Sabang Laksanakan Pembinaan Kepada Partai Politik

example banner

example banner

Laporan | Jalaluddin Zky

Sabang (MA) – Dalam rangka meningkatkan kesadaran dalam tata cara memilih saat Pemilihan Umum, Kodim 0112/Sabang gelar pembinaan kepada partai politik yang ada di Kota Sabang, yang dilaksanakan Kamis (19/11/20) di Aula Bappeda Kota Sabang.

Kegiatan pembinaan yang digelar Kodim 0112/Sabang tersebut bertema “Penguatan Peran Partai Politik Dalam Menjaga Keutuhan Berbangsa dan Bernegara Dalam Naungan NKRI” yang di selengarakan oleh Badan Kesbangpol Kota Sabang.

Adapun pejabat yang hadiri antara lain Wali Kota Sabang diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh Junizar, SH.,M.H, Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, ST, Waka Polres Sabang Kompol M. Husin,SH dan Ketua KIP Kota Sabang Azman,SE

Ketua Panitia Ridwan, melaporkan, pelaksanaan pembinaan partai politik dengan tema “Penguatan peran partai politik dalam menjaga keutuhan Berbangsa dan Bernegara dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Dasar pelaksanaan sesuai Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang pedoman fasilitasi penyelenggaraan pendidik politik.

Maksud tujuan dilaksanakan pembinaan kepada partai politik yang ada di Kota Sabang, guna menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengembangkan kehidupan berdemokrasi yang didasarkan pada Pancasila dengan menghormati kedaulatan rakyat yang ada di bawah perlindungan NKRI.

Kemudian, menciptakan kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia, pemerintah daerah memfasilitasi atau memberi dukungan untuk memudahkan penyelenggaraan pendidikan politik di daerah, menyatukan visi misi dan persepsi partai politik yang ada dalam Kota Sabang untuk mewujudkan keharmonisan antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan Kota Sabang., lapor Ridwan.

Wali Kota Sabang dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh Junizar, SH.,M.H. menyampaikan, permohonan maaf atas ketidakhadirannya pada kegiatan ini, namun atas nama Pemerintah mengucapkan syukur alhamdulillah dan apresiasi yang tulus kepada seluruh panitia pelaksana yang telah memprakarsai terselenggaranya kegiatan pembinaan ini.

Sebagai wadah berkumpulnya bagi warga negara secara sukarela atas dasar kesamaan kehendak dan cita-cita partai politik merupakan lembaga partisipasi masyarakat dalam penguatan sistem sosial dan ekonomi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang partai politik.

Dalam berorganisasi hendaknya kita senantiasa harus mengacu pada aturan perundang-undangan yang telah ditetapkan, Pemerintah harus senantiasa didukung oleh peran aktif masyarakat baik secara perorangan maupun melalui organisasi peran aktif partai politik baik secara langsung maupun tidak langsung. Diharapkan subangsih nya dalam menjaga keutuhan dalam berbangsa dan bernegara, program-program yang telah dicanangkan Pemerintah, hendaknya didukung serta saling mengisi dan melengkapi dalam rangka pencapaian tujuan membangun negara yang kita cintai ini., kata Walikota.

Pada kesempatan ini lanjutnya, atas nama Pemerintah daerah Kota Sabang menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada saudara-saudara sekalian yang tergabung dalam kepengurusan partai politik yang telah banyak membantu serta mendukung program pemerintah, namun perlu kita ingatkan kepada saudara-saudara sekalian pengurus partai politik agar dalam menjalankan program-programnya tetap mengacu kepada kode etik maupun aturan-aturan yang berlaku dalam berorganisasi, sehingga tidak menimbulkan gejolak yang tidak kita harapkan ditengah-tengah masyarakat dan ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman. Arah tujuan berpolitik boleh berbeda, tapi yang perlu diingat bahwa kita semua dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara itu, Dandim 0112/Sabang Letkol Czi Istiyarto, ST dalam materinya mengatakan, kegiatan diberi tema “Penguatan peran Parpol dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara dalam Naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”(*).

example banner

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA..