Sebanyak 147 Jama’ah Haji Dipesejuk Bupati, Begini Pesannya

Pj Bupati Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh. Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH. Sedang pesejuk calon jamaah haji.

Sebanyak 147 Jama’ah Haji Dipesejuk Bupati, Begini Pesannya

KUALASIMPANG | MA – Sebanyak 147 orang calon Jama’ah Haji dipesejuk Penjabat (Pj) Bupati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang, Aceh. Dr. Drs. Meurah Budiman, SH. MH. Rabu, 24 Mei 2023 di Aula Sekdakab setempat.

Pesan Meurah, agar para calon Jama’ah Haji, menjaga kesehatan, wajib mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh Panitia Haji serta menghilangkan pikiran-pikiran yang mengarah pada perbuatan negatif.

“Penegasan ini harus saya sampaikan, sebab para calon Jama’ah Haji menyandang nama asal daerah. Kesehatan juga penting dijaga, apalagi suhu tubuh, sebab seluruh dunia saat ini sedang mengalami iklim cuaca ekstrem, yang setiap saat berubah-ubah,” jelas Meurah.

Selanjutnya, keikhlasan hati juga harus. Jangan sampai membawa pikiran negatif. Karena apa pun yang menjadi kebiasaan para Jama’ah Haji di kampung, akan terlihat di sana. “Maka banyak-banyaklah istighfar, supaya Allah akan mudahkan segalanya. Semoga Bapak dan Ibu dapat mengerjakan rukun haji dengan tertib serta selamat pergi dan kembali,” Tegas Meurah.

BACA JUGA...  Waled Husaini Resmikan LSM Pelita Kemakmuran Masyarakat Aceh

Dalam kegiatan tepung tawar tersebut, Pj. Bupati Meurah juga menyerahkan cenderamata atau bingkisan secara simbolis kepada jama’ah calon haji.

Kepala Kantor Kemenag, Fadli menjelaskan bahwa; penyelenggaraan ibadah haji tersebut telah memasuki tahap keberangkatan. Setiap tahunnya, sambung Fadli, Pemerintah akan melaksanakan tepung tawar pelepasan atau peusijuk yang merupakan adat di setiap daerah.

“Adapun calon haji Aceh Tamiang berjumlah 147 jamaah, yang terdiri dari 61 laki laki dan 86 perempuan. Sebagian jamaah merupakan jamaah tahun 2020 yang tertunda karena Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA...  Tgk. Amran Sambut Jamaah Haji Aceh Selatan 

Selain itu, jama’ah haji akan terbagi dalam 2 kloter. Sebanyak 140 jamaah haji akan berangkat di kloter 10 pada tanggal 31 Mei ba’da Isya menuju Banda Aceh. Dan tanggal 2 Juni akan bertolak ke tanah suci.

Selanjutnya sebanyak 7 jamaah haji akan berangkat di kloter 12 pada tanggal 2 Juni menuju Banda Aceh dan akan bertolak ke tanah suci pada tanggal 4 Juni 2023.

Sementara itu, ada sebanyak 43 jamaah yang menunda keberangkatan karena tidak melakukan pelunasan dan beberapa alasan lainnya.

“Terimakasih kepada Pj. Bupati Aceh Tamiang juga kepada Dinas terkait yang telah membantu dalam proses keberangkatan, serta semua pihak yang telah bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah calon haji Aceh Tamiang,” Katanya.

BACA JUGA...  Pemkab Bener Meriah Gelar Rapat Penjemputan Kepulangan Jamaah Haji

Dia berpesan saling menjaga kekompakan, kesehatan dan selalu fokus dalam beribadah. Semoga seluruh jamaah haji dapat berangkat ke tanah suci dan dapat menunaikan rukun haji serta kembali dengan membawa predikat Haji Mabrur. [Syawaluddin].

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...