Olahraga Kriket Yang Terlupa Dan Prestasinya

example banner

 294 total views,  2 views today

Ada 12 tim provinsi yang mengikuti kualifikasinya, termasuk tim dari Aceh.
Dengan semangat dan perjuangan tim Aceh Putra dan Putri berhasil menduduki peringkat ke 5 nasional. Dan di nyatakan lolos untuk mengikuti PON Jawa barat.

banner 325x300

Opini | M. Zulhamsyah

PERMAINAN KRIKET mungkin belum terlalu familiar di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun, permainan ini cukup populer di beberapa negara belahan dunia sana seperti Eropa hingga India dan menjadi olahraga yang digemari.

Kriket, jika dilihat secara sekilas dari segi permainan terlihat mirip dengan kasti dan softball, tetapi ada beberapa hal yang berbeda seperti bentuk lapangan dan lainnya.

Apa itu kriket?.

Tujuan olahraga kriket yaitu untuk mencetak lebih banyak angka (run) dibandingkan tim lainnya.
Setiap pertandingan kriket dimainkan oleh dua tim, dan jumlah pemain kriket pada masing-masing tim ialah sebelas orang.

Permainan kriket dapat berlangsung selama lima hari dan dapat berlangsung selama enam jam atau lebih setiap harinya.

Sejarah Kriket di Indonesia.

Jika dilihat dengan sepintas, olahraga kriket ini mirip dengan permainan kasti yang sudah sering dimainkan masyarakat Indonesia.

Permainan ini dimainkan oleh dua tim dengan anggota tim berjumlah 11 orang dan melibatkan bola serta alat pemukul. Di Indonesia, kemunculan olahraga kriket diperkiarakan terjadi pada tahun 1880-an.

Saat itu, permainan ini dimainkan di Jakarta, tepatnya di lokasi tempat Monumen Nasional sekarang berdiri.

Barulah pada tahun 1992 permainan kriket semakin populer sehingga muncul ide untuk membentuk sebuah asosiasi. Asosiasi tersebut bernama Jakarta Cricket Association (JCA).

Tidak hanya itu, bersamaan dengan asosiasi tersebut muncul pula kompetisi liga kriket di Indonesia. Beberapa tahun kemudian, olahraga kriket ini semakin berkembang di Indonesia terutama di kawasan timur Indonesia seperti di Bali dan Nusa Tenggara Timur.

Itulah cerita tentang sejarah kriket di dunia dan di Indonesia. Kriket Aceh. Pada bulan desember 2015 tim cricket aceh mengikuti kualifikasi pra pon di Jawa Barat,Tepatnya di Kabupaten Bogor.

Ada 12 tim provinsi yang mengikuti kualifikasinya, termasuk tim dari Aceh.
Dengan semangat dan perjuangan tim Aceh Putra dan Putri berhasil menduduki peringkat ke 5 nasional. Dan di nyatakan lolos untuk mengikuti PON Jawa barat.

Tapi karena kurang nya dukungan tim cricket aceh gagal mengikuti kompetisi PON jawa barat, di karena kan kurangnya biaya dari pemenrintah daerah sehingga menyebab kan batalnya tim Aceh mengikuti kompetisi berikut.

Meskipun tim cricket di aceh sangat baru, dengan persiapan 6 bulan saja bisa menduduki peringkat 5 nasional. Kalau masalah kemampuan tim aceh memiliki kemampuan yang setara dengan tim provinsi lain bukti nya ada 4 nama yg di ajak untuk seleksi timnas Indonesia Tapi karena kurang nya biaya, hanya 1 orang saja yang di kirim kepelatnas.

Dengan ini kita harapkan kepada pemerintah Aceh untuk selalu memberikan support dalam hal apapun kepada atlit-atlit kriket yang memiliki potensi dan dapat membawa prestasi ketingkat nasional mengharumkan nama Aceh. Aceh Tamiang. [*]

Penulis : M Zulhamsyah, mahasiswa Jurusan ilmu keolahragaan Unimed.

banner 325x300
Penulis: M. ZulhamsyahEditor: Syawaluddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Malu Achh..  silakan izin yang punya webs...