Jelang Tahun Baru Cuaca Ekstrim Berpotensi di Peraiaran Sabang

Sabang (MAC) – Jelang tahun baru 2019 cuaca ekstrim berpotensi di peraiaran Sabang sekitarnya, diharapkan kepada masyarakat dan pengguna jasa penyeberangan untuk mewaspadai dan memantau kondisi cuaca.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang, potensi cuaca ekstrim tidak hanya terjasi di wilayah perairan Sabang tetapi juga kawasan Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Pidie, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, dan daratan Aceh sekitarnya.

Kepala BMKG Kota Sabang Siswanto Fauzi, kepada wartawan kemarin mengatakan, masyarakat dihimbau mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang menyebabkan gelombang tinggi di seputar laut Sabang dan daratan Aceh lainnya.

Berdasarkan Peta Isobar (tekanan udara) dan Streamline (pola garis pergerakan angin), terdapat Siklon Tropis Phethai di Utara Sabang tepatnya berada disekitar wilayah perairan Andaman, Siklon tropis ini memiliki tekanan udara 993 mb dan kecepatan angin berkisar 55 Knot sampai 99 km/jam.

Cuaca ekstrim dapat meluas ke wilayah Bireuen, Langsa, Simeulue, Pulau Banyak, dan sekitarnya.Dampak signifikan lain akibat hembusan angin kencang dan curah hujan lebat ini di perkirakan bisa berlangsung sampai beberapa hari ke depan, tentunya akan berdampak tingginya gelombang laut di Perairan Sabang – Banda Aceh antara 1.25 – 2.50 m, juga di perairan Barat Aceh dan Perairan Utara Sabang berkisar 2.50 – 4.0 m, jelas Siswanto

Untuk itu diminta kepada masyarakat nelayan agar memperhatikan situasi ketika hendak melaut karena cuaca bisa berubah dengan tiba-tiba. Demikian juga pihak pelayanan penyeberangan supaya tidak menghindar aturan yang berlaku yaitu, izin pelayaran yang dikeluarkan oleh instansi terkait. (Jalal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *